• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Asian Games 2018

Wapres : LRT belum Bisa Dipergunakan Saat Asian Games 2018

11 April
17:39 2018
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla memastikan penggunaan kereta ringan atau Light Rail Transit (LRT), dipastikan tidak dapat beroperasi, saat penyelenggaraan pesta akbar olahraga internasional empat tahunan tingkat Asia, Asian Games 2018.

Jusuf Kalla menilai masih banyaknya permasalahan,salah satunnya karena masih ada sejumlah kendala, karena perkembangan pembangunanya tidak memungkinkan selesai dalam waktu dekat.

"(LRT) Tidak bisa di Asian Games itu, tersisa empat bulan. Venuenya kan banyak, ada di Senayan, Kemayoran, Sunter. Ada enam tempat di Jakarta ini. Ini tidak mungkin (menunggu LRT selesai)," ujar Wapres Jusuf Kalla kepada Radio Republik Indonesia (RRI) dan awak media lainnya di Kantor Wakil Presiden Jakarta, usai menerima laporan Direktur PT Adhi Karya, Budi Harto di Jakarta, Rabu, (11/4/2018).

Saat ini berbagai permasalahan yang ada, harus mampu cepat diselesaikan dengan kerjasama pemerintah pusat, pemerintah daerah,BUMN terkait progres positif LRT kedepannya.

"Ini semua harus terkoordinasi. Kalau LRT tidak terkoordinasi dengan MRT, tidak terkoordinasi dengan busway itu nanti orang akan bingung. Oleh karena itu harus ada otoritasnya, tapi yang soal ini, yang terjadi di kota ini selalu bermasalah," tutur Wapres.

Solusi ditawarkan pemerintah untuk wilayah ibukota dengan menyiapkan bus sebagai alat transportasi bagi para atlet Asian Games dari wisma atlet menuju venue pertandingan. Skenario nantinya, akan ada jalur khusus yang dilalui oleh bus tersebut, tanpa bebas hambatan menuju venue yang tersebar di ibukota.

 "Ya pasti kan banyak tempat-tempatnya, venue-nya di Senayan, Kemayoran, Sunter, pacuan kuda di Cempaka Putih ini tidak mungkin (menunggu pembangunan LRT)," tambah Ketua Dewan Pengarah Asian Games, Jusuf Kalla.

Berdasarkan laporan PT Adhi Karya kepada wapres Jusuf Kalla, maka saat ini,  penyelesaian pembangunan LRT tidak dapat diselesaikan di wilayah Ibukota. Hanya di Palembang saja, LRT dapat dioperasikan untuk persiapan penyelenggaraan Asian Games ke-18.

Sebelumnya, Direktur Utama Adhi Karya Budi Harto menjelaskan pembangunan LRT tahap I sudah mencapai 44,6 kilometer. Arahan Wapres menurut Budi Harto agar saat pelaksanaan Asian Games beberapa lokasi pembangunan LRT dapat dihentikan sementara, untuk memudahkan mobilisasi rombongan atlet dari wisma atlet menuju venue. 

 "Sudah ada pengarahan dari Pak Wapres beberapa lokasi harus kami siapkan pada Asian Games nanti, harus bersih, di antaranya di dalam kota, di Kuningan, MT Haryono, dan Dukuh Atas," ungkap Budi. (DSun/AA)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00