• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Luar Negeri

Dubes RI di Malaysia yakin Pemerintah Malaysia tidak akan Batasi Pekerja asal Indonesia

9 June
01:39 2018
0 Votes (0)

KBRN, Kuala Lumpur: Meski Pemerintah Malaysia akan mengutamakan kebutuhan pekerja lokal di sejumlah sektor, terutama yang saat ini banyak diisi oleh pekerja asing, namun Menteri Dalam Negeri Malaysia - Tan Sri Muhyiddin Yassin, awal bulan ini di Putrajaya mengatakan, pemerintah juga akan melihat kebutuhan masuknya pekerja asing di sektor-sektor tertentu.

"Kita akan lihat dengan teliti keperluan sekarang. Pada dasarnya, keutamaan harus diberi kepada pekerja tempatan (lokal)" ujar Muhyidin.

Menanggapi pernyataan tersebut, Duta Besar Republik Indonesia untuk Malaysia – Rusdi Kirana, saat silaturahmi dan buka puasa, bersama Ikatan Setiakawan Wartawan Malaysia Indonesia –Iswami di wilayah Ampang, Jumat petang (8/6/2018) kemarin, yakin jika pernyataan tersebut bukanlah ditujukan bagi tenaga kerja asal Indonesia.

"Yang dikerjakan pekerja Indonesia, tidak menggantikan warga negara Malaysia, karena tidak ada warga negara Malaysia yang bekerja di sektor perkebunan dan pabrik" sebut Rusdi.

Meski begitu, Rusdi juga mengakui jika Pemerintah Indonesia harus berusaha menciptakan peluang kerja di tanah air bagi warganya, sehingga Indonesia tidak lagi mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri.  

Sebelumnya, Menteri Sumber Daya Manusia Malaysia - M. Kula Segaran mengatakan, ketergantungan pada pekerja asing harus dikurangi secara bertahap, untuk digantikan oleh teknologi. Dengan adanya teknologi yang lebih canggih, tentunya akan menciptakan permintaan pekerja berketerampilan tinggi, dengan upah yang lebih baik, dan terutama, dapat diisi oleh pekerja lokal Malaysia. (TH)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00