• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Kendaraan Roda Dua Tidak Diperbolehkan Ikut Dalam Pawai Takbiran Di Kubar

13 June
14:01 2018
0 Votes (0)

KBRN, Sendawar : Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Kutai Barat (Kubar) memastikan, bahwa Pawai Takbiran kembali digelar dalam rangka menyambut hari Raya Idul Fitri 1439 Hijeriah, tahun 2018 ini.

Ketua PHBI Kubar Eddy Ahmadi saat dikonfirmasi RRI Sendawar mengaku, PHBI Kubar sudah melakukan Rapat Koordinasi dengan pihak terkait akan kepastian pelaksanaan pawai tersebut dengan beberapa ketentuan yang tidak jauh berbeda dari pelaksanaan tahun sebelumnya.

Salah satunya menurut Eddy Ahmadi, berkaitan dengan Peserta pawai, dimana untuk Roda dua tidak diperbolehkan mengikuti Pawai, dengan pertimbangan menjaga keamanan dan ketertiban, mengingat pengendara roda dua ini kebanyakan anak muda, yang dalam pelaksanaannya kerap ugal-ugalan.

“Di dalam pawai ini,  kami tidak bisa menyeleksi satu persatu, bahkan beberapa pengalaman pawai takbiran sebelumnya, itu ada yang mabuk-mabukan dulu baru ikut pawai, nah ini kita khawatirkan akan mencidrai orang yang betul-betul murni iku pawai. Jadi mengingat jauhnya lokasi pawai ini, kami putuskan Roda dua tidak diperbolehkan ikut,”Ungkapnya.

Sementara, untuk pelaksanaan Pawai, Tambah Eddy Ahmadi, pihaknya masih menunggu keputusan dari Pemerintah.

“Kalau melihat edaran organisasi Muhammadiyah, sudah memutuskan hari Jumat tanggal 15 juni itu sudah lebaran. Tetapi bagi kami PHBI tetap menunggu saran dari Pemerintah, artinya menunggu hasil sidang isbad. Kalau memang ditetapkan tanggal 15 juni, berarti Kamis malam tanggal 14 juni, Insya Allah dilaksanakan Pawai Takbir keliling,”tambahnya.

Lebih lanjut dikatakan, untuk rute pelaksanaan Pawai takbiran tahun ini, sudah disepakati, Star dari Alun-Alun Itho, menuju simpang tiga busines center, lanjut Jl. Gajah Mada Barong Tongkok, melintasi depan RSUD-HIS, menuju Kecamatan Sekolaq Darat.

Kemudian Mentiwan tembus di simpang tiga SMA N 1 Sendawar, melintasi jalan Diponegoro dan pelabuhan Melak, lanjut jalan 17 Agustus Melak Ilir, tembus jalan Puncan Karna dan Finish di Masjid Islamic Center Kutai Barat. (MCJ/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00