• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Serba Serbi Ramadhan

Feri Tempuh Jarak 602 Kilometer Mudik Dengan Sepeda

13 June
15:03 2018
1 Votes (4)

KBRN, Yogyakarta : Mudik kekampung halaman untuk menikmati perayaan lebaran memang hal yang sangat ditunggu setiap perantau. Tidak hanya menggunakan bus, kereta, pesawat namun mudik ternyata juga dilakukan dengan sepeda atau gowes mudik (gosdik).

Seperti yang dilakukan oleh Feriyanto Wijaya (45), warga Kabupaten Pacitan Jawa Timur ini rela mengayuh sepeda sejauh 602 kilometer untuk bertemu istri tercintanya. Feri memulai perjalanan dari Tangerang pada tanggal 9 Juni 2018, dan sampai di Gunungkidul,  Rabu 13 Juli 2018.

“Sudah lima hari perjalanan darat , dari Tangerang melalui Losarang kita tempuh sejauh 200 kilometer. Lanjut ke Bumiayu dengan jarak 185 kilometer dan langsung Jogja  dengan jarak 217, “ katanya saat ditemui di kawasan Rest Area Bunder,Playen, Gunungkidul, Rabu (13/6/2018).

Dalam perjalaan gowes mudik ini, feriyanto tidak sendiri , bapak dua putra ini bersepeda bersama 5 orang temanya. Namun dari Jogja, empat teman feri berpisah dan feri melanjutkan perjalanaan menuju Pacitan melalui jalan Kabupaten Gunungkidul.

“Perjalanan jauh dengan sepeda memang hobi saya. Momentum ini memang sudah saya tunggu sejak lama. Pengen pulang kekampung halaman istri dengan gowes, “ ujarnya.

Feri mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk bersepda sejauh ratusan kilometer. Persiapan hanya melakukan service ringan sepeda yang dia pakai. Dia juga membawa peralatan seperti pompa, serta dua tas yang berisi keperluan pribadi seperti jas hujan, minuman dan makanan.

“Kalau capek , haus ya saya istirahat. Pokoknya tidak memaksakan diri. Tadi malam sebelum melanjutkan perjalanan menuju Pacitan saya menginap dulu di salah satu hotel di Yogyakarta,” tegasnya.

Tidak hanya sekedar gowes, dalam momentum mudik menggunakan sepeda feri mengajak masyarakat untuk mencintai sepeda sebagai salah satu kendaraan umum. Selain murah sepeda mampu menjaga kesehatan.

“ Yang penting tetap mengedepankan Safety Riding,” paparnya.

Feri memprediksi akan bertemu orang yang dia kasihi malam ini sekitar pukul 21.00 WIB. Saat melalui jalur Gunungkidul, dia akan mencoba jalur baru yang melalui jalur Pantai Sadeng dan menuju Pacitan Jawa Timur. Selain sepi , jalur tersebut dinilai memiliki pemandangan yang bagus.

“Kalau ada pemandangan bagus ya saya sempatkan untuk berhenti dan selfi dengan handphone. Apalagi jika ada tugu tugu perbatasan wilayah , saya usahakan berhenti dan selfi. Karena ini momet penting ,” tutupnya. (Wib/Evie).

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00