• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Daerah

Divisi III Kostrad Hadir Membantu Perkembangan Organisasi di Tubuh TNI AD

12 July
13:43 2018
0 Votes (0)

KBRN, Maros : Kepala Staff TNI Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Mulyono memimpin langsung Upacara Pengalihan Komando dan Pengendalian (Alihkodal) Brigif 20/IJK Dam XVII Cendrawasih, Yon Armed 6/105/TRK/TMR dan Yon Arhanud 16/SBC Dam XIV Hasanuddin ke Kostrad. Kegiatan tersebut digelar di Mabrigif Kostrad, Kariango, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Kamis (12/07/2018) siang.

Upacara Alihkodal diserahterimakan Mayor Jenderal TNI Supit selaku Pangdam XVII Cendrawasih melakukan penyerahan Brigif 20/ IJK DAM XVII Cendrawasih. Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin, Mayor Jenderal TNI, Agus Surya Bhakti menyerahkan Yon Armed 6/105/TRK/TMR dan Yon Arhanud 16/SBC DAM XIV Hasanuddin. Dan Panglima Divisi III Kostrad, Mayor Jenderal TNI, Ahmad Marzuki menerima penyerahan alih kodal yang langsung disaksikan Kasad.

Usai penyerahan alih kodal dan menyaksikan atraksi beladiri dan terjun payung yang dipersembahkan prajurit Kostrad, Kasad menjelaskan alihkodal ini dilakukan guna penataan organisasi bahwa terkait perkembangan situasi dan pembangunan kekuatan TNI AD sehingga ada beberapa kesatuan dilebur bergabung ke Divisi III Kostrad.

“Divisi III Kostrad telah dibentuk, maka satuan pendukungnya dan kekuatannya harus ditata kembali sehingga alihkodal ini dilakukan untuk mempercepat proses operasional dari Divisi III yang personilnya berasal dari beberapa kesatuan yakni Kodam XVII Cendrawasih menyerahkan Brigif 20/ IJK DAM XVII Cendrawasih dan Kodam XIV Hasanuddin menyerahkan Yon Armed 6/105/TRK/TMR dan Yon Arhanud 16/SBC DAM XIV Hasanuddin”, ungkap Kasad, Jenderal TNI Mulyono.

Lanjut Jenderal TNI Mulyono, alihkodal ini dilakukan bukan lantaran adanya permasalahan yang genting, karena penataan organisasi itu, sesuatu yang baku dan telah ada di tubuh TNI AD. “Organisasi harus senantiasa berkembang, dan ditata sesuai dengan kebutuhan. Kedepan, personil Kodam yang dilebur di Divisi III Kostrad akan ditata kembali, untuk menggantikan satuan-satuannya”, jelas Kasad.

Kasad menuturkan jumlah personil Kostrad yang tersebar di Nusantara sebanyak 30 ribuan, dimana keberadaannya akan ditata sebaik mungkin. “Hadirnya Divisi III Kostrad, maka akan terbentuk Brigade Mekanis, Brigade Para Raider dan Divisi Raider yang akan dibentuk di Kodam XVII Cendrawasih”, pungkasnya.

Sementara itu, Pangdam XIV Hasanuddin Makassar, Mayjen TNI Agus Surya Bhakti menambahkan alihkodal yang dilakukan bukan suatu masalah, karena keberadaannya berada di Sulawesi. “Kami telah mempersiapkan lahannya, dan anggaranya pun telah ada, sehingga kami siap mempersiapkan penggantinya. Kendati Kodam XIV Hasanuddin akan mengalami kekurangan personil, namun karena telah ada metodanya maka hal tersebut tidak menjadi permasalahan, hanya sisa komando pengendaliannya saja dan pihaknya siap berkoordinasi dengan Pangkostrad”, pungkas Agus diakhir wawancara. (CHR/NYP)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00