• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Nasional

Pemerintah Bahas Kemungkinan Subsidi Peserta JKN-KIS Mandiri Kelas 3

9 November
07:09 2019
0 Votes (0)

KBRN, Malang : Pemerintah membuka kemungkinan pemberian subsidi bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) dan Pekerja Penerima Upah (PPU) atau peserta mandiri kelas tiga program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).  Subsidi diperlukan agar  iuran peserta mandiri itu tidak dinaikan, sebagaimana permintaan DPR RI. 

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi mengatakan pekan depan akan memanggil kementerian lintas terkait untuk duduk bersama membahas alternatif lain kenaikan iuran JKN-KIS untuk peserta mandiri kelas 3, termasuk kemungkinan pemberian subsidi oleh pemerintah.

"Kita harus betul-betul cermat, tidak boleh gegabah. Karena ini menyangkut nasib orang banyak dan juga berkaitan dengan dana yang harus disiapkan negara seandainya memang nanti ada subsidi. Ini juga harus dibicarakan antar kementerian, tidak bisa diklaim secara sepihak," ucap Menko PMK, usai kunjungan ke lima rumah sakit di Kota Malang, Jawa Timur, Jumat sore (8/11/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu memastikan pemerintah sangat serius memperhatikan masalah JKN-KIS untuk mencari solusi yang terbaik.

"Saya tahu DPR kan membawa aspirasi, tetapi juga harus dipahami bagaimana kemampuan negara, kemampuan anggaran. Karena kalau ini dipenuhi diperlukan dana sekitar Rp 4 trilyun setahun untuk subsidi kelas 3 mandiri.  Saya harus berkonsultasi dulu dengan Menteri Keuangan, bagaimana kesiapannya," tuturnya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengakui pemberian subsidi menjadi salah satu cara agar iuran peserta mandiri kelas 3 program JKN -KIS tetap tidak naik.

"Kemarin sudah ketemu cara lain. Cara lain adalah iuran tetap, tapi dibantu subsidi. Tapi itu kan harus diputuskan di tingkat menteri dibawah koordinasi Menko PMK. Nanti tunggu hasil koordinasinya," ucapnya.

Sebelumnya, dalam rapat dengan Komisi IX DPR RI,  Rabu (6/11/2019), Menteri Kesehatan Terawan mengusulkan subsidi kepada Menko PMK Muhadjir Effendy sebesar 3,9 triliun rupiah bagi hampir 20 juta peserta JKN-KIS.

Dengan demikian, peserta Kelas 3 Mandiri tetap membayar 25 ribu 500 rupiah, sedangkan selisihnya 16 ribu 500 rupiah di subsidi pemerintah.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00