• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Komisi X DPR RI Kritisi Kontribusi Perguruan Tinggi Negeri

14 November
13:39 2019
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Anggota Komisi X, Djohar Arifin Husin mengkritisi kontribusi keberadaan Perguruan Tinggi Negeri di setiap daerah dalam menangani sejumlah permasalahan di daerah. Hal ini disampaikan Djohar Arifin kepada Komisi V DPRD Jawa Barat saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) di Gedung DPR RI, Jakarta.

Politisi dari Fraksi Gerindra ini mendorong Perguruan Tinggi Negeri untuk memberi manfaat dengan membantu permasalahan ekonomi, sosial, pendidikan dan kesehatan di daerahnya masing masing. Djohar Arifin menyebut Profesor dan Doktor jangan hanya mengejar kualitas bidang kelimuan saja, namun harus berkontribusi nyata menangani permasalahan di daerah.

"Perguruan Tinggi yang semua ada di Provinsi apakah manfaatnya bagi daerah, hampir tidak ada, Perguruan Tinggi itu bagaimana menaikan kualitas, untuk jadi Guru Besar harus ada makalah tertulis di luar negeri untuk apa," ungkap Djohar Arifin Husin saat RDPU di Ruang Rapat Komisi X DPR RI, Jakarta, pada Kamis (14/11/2019).

Djohar Arifin menyebut perlu ada reformasi peraturan tentang tenaga pendidik khususnya di Perguruan Tinggi yang diharuskan berdayaguna bagi lingkungan setempat. Disebutkannya seperti ITB dan UNPAD yang merupakan Perguruan Tinggi ternama, namun indeks pembangunan kepemudaan terendah dari 34 Provinsi di Indonesia.

"Apa masalah Jawa Barat mereka atasi, ITB apa manfaatnya bagi Jawa Barat, UNPAD apa manfaatnya bagi Jawa Barat, Profesor dan Doktor apa manfaatnya bagi daerah tersebut, ini perlu kita rombak, kita reformasi peraturan," kata Djohar Arifin.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00