• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Penderita HIV/ AIDS di Talaud Meningkat

3 December
13:49 2019
3 Votes (5)

KBRN, Talaud : Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Talaud, angka kasus penderita HIV/ AIDS di daerah mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir.

Kepala Dinkes dr. Kerry Monangin melalui Kepala Seksi Pencegahan dan Penyakit Menular Paulus Larumpaa, Senin (2/12/2019) siang kepada RRI mengatakan setelah diskrining, bertambahnya orang dengan HIV/ AIDS untuk tahun 2019, ada 10 penderita. Tetapi satu penderita yang telah melalui skrining tidak melanjutkan pemeriksaan ketika dirujuk ke RSUD Prof Kandouw Malalayang Manado untuk tes lanjutan. Artinya hanya 9 yang melanjutkan pemeriksaan.

"Waktu kita bikin skrining disini. Kami menemukan 10 orang positif HIV. Saat kami rujuk ke RSUD Malalayang  yang pergi hanya 9 orang. Berarti dalam sistem  pencatatan pelaporan nasional,  SIHA ( Sistem Informasi HIV/ AIDS - red) itu yang terlapor cuman 9 orang itu, padahal seharusnya ada 10 orang," ujar Larumpaa

Larumpaa mengungkapkan, terjadi kesenjangan angka melalui pendataan terkait  jumlah penderita HIV/ AIDS di Talaud. Pasalnya  jumlah yang didata tersebut bisa saja meningkat karena masyarakat berisiko melakukan pemeriksaan atau skrining sudah terdeteksi sesuai jumlah saat ini.

"Yang tidak memeriksa belum dipastikan jumlahnya. Kemudian angka tersebut bisa bertambah, karena melalui pendataan aplikasi SIHA secara nasional  yang ada di RSUD Prof Kandouw di Manado, akan lebih menunjuk jumlah penderita HIV akan bertambah atau tidak di daerah kepulauan Talaud," katanya.

Diketahui, pada tahun 2017 terdeteksi 6 kasus penderita HIV/ AIDS di lima kecamatan. Kemudian angka tersebut naik lagi menjadi 7 kasus pada tahun 2018 dan 9 kasus di tahun 2019.

Jika ditotal, kasus penderita HIV/AIDS di Talaud sejak tahun 2017 sampai Desember 2019 berjalan berjumlah 22 orang. (Hendra Assa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00