• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kuliner Nusantara

”Oseng Mercon” Kuliner Pedas di Yogyakarta yang Wajib Dikunjungi!

14 December
09:22 2019
1 Votes (3)

KBRN, Yogyakarta : Siapa yang setuju kalau Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki sejuta wisata kuliner yang membuat pengunjungnya ketagihan untuk datang kembali ke Yogyakarta hanya untuk berkuliner?

Pasti pada setuju dong. Yogyakarta selain mempunyai wisata alam nan indah ternyata juga punya kuliner yang enak dan ekstra pedas. Padahal katanya masakan orang Jawa terkenal manis. Tapi beda dengan kuliner yang satu ini, kuliner terkenal satu ini bisa membuat lidah kamu terbakar namun juga bakal buat kamu ketagihan banget buat terus nyoba dan nyoba.

Ya, kuliner tersebut bernama Oseng Mercon Bu Narti. Kuliner Oseng Mercon tersebut sudah berdiri sejak tahun 1997. Diakui anaknya Ibu Narti, saat itu Ibu Narti ingin membuat kuliner dengan citra rasa yang berbeda dari biasanya.

"Saya dan Ibu Narti hanya ingin jualan, lengen dari pada yang lain," tuturnya kepada RRI, Sabtu (13/12/2019).

Warung Oseng Mercon Bu Narti sangat bernuansa sederhana, warungnya hanya menyediakan fasilitas karpet untuk menikmati sepiring oseng mercon. Terlihat ketika tim RRI.co.id mengunjungi lokasi tersebut sejak pukul 18.00 WIB banyak pelanggan setia yang sudah rela yang mengantre.

"Jadi oseng mercon itu seperti ini, tetelan bukan ayam. Sudah lama ini berdiri," ucap Anak Bu Narti seraya menjelaskan juga kepada pelanggan setianya.

Ia mengaku bahwa setiap harinya dirinya tidak pernah tau menghabiskan berapa banyak daging dan cabai. Karena yang ia tahu, ia hanya ingin berjualan dan memuaskan pelanggan.

"Ratusan piring, setiap hari 2 panci habis kira-kira," katanya.

"Buka jam 6 kadang-kadang 4 jam sudah abis. Biasanya tutup enggak pernah tau jadi tau-tau abis. Ya kalau cabainya sendiri kadang-kadang terpedas sampai 25 Kg," sambungnya.

Oseng mercon Bu Narti sendiri berisikan dagin koyor (tetelan) dengan bumbu super pedas. Warung Bu Narti beralamat di Jalan KH Ahmad Dahlan, Ngampilan, Jogja warung pingggir jalan. Oseng mercon Bu Narti kini jga hadir dalam bentuk kaleng, jadi cocok untuk dibawa sebagai buah tangan untuk sanak saudara, kerabat, dan kekasih hati.

Pelanggan Oseng Mercon Bu Narti bernama Dwi (27) mengaku menyempatkan waktu untuk menyantap daging koyor yang pedas tersebut jika berkunjung ke Yogyakarta.

"Iya, saya suka walaupun pedes banget, tapi nagih banget, saya bisa sampai nambah," tuturnya.

Oseng Mercon Bu Narti ini sendiri di banderol dengan harga yang cukup murah dan bikin kantong nyaman. Jika kamu menyantap satu paket nasi dan oseng mercon dikenakan harga Rp 24.000 sementara jika kamu memilih paket lengkap dengan menu ayam goreng, nasi, dan oseng mercon akan dikenakan harga Rp 44.000.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00