• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Jaksa Agung Tegaskan Tidak Ada Poses Hukum Calon Kepala Daerah Selama Pilkada

7 January
16:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jambi : Jaksa Agung ST Burhanudin memastikan tidak ada proses hukum kasus tindak pidana korupsi terhadap para calon kepala daerah seperti bupati dan Walikota, selama berlangsungnya  tahapan proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak mendatang.

Hal itu disampaikan Jaksa Agung saat berkunjung ke Kejaksaan Negeri Jambi hari ini, Selasa (7/1/2020).

“Kejaksaan itu bersikap netral. Bahwa selama proses Pilkada itu tidak ada penyelidikan, kemudian penyidikan maupun penuntutan terhadap mereka calon-calon bupati dan walikota,” ujar Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Sementara itu, terkait kunjungannnya di Jambi, Jaksa Agung mengatakan, kunjungan sekaligus arahan kepada jajaran Kejaksaan Tinggi Jambi merupakan upaya penguatan agar jajaran kejaksaan  bersemangat dan bersih.

“Jangan ada jaksa nakal,” tegasnya.  

ST Burhanudin juga meminta seluruh pihak untuk turut mengawasi jaksa, dan jika menemukan ada jaksa yang nakal agar dilaporkan.

Sedangkan terkait masih adanya kasus yang belum tuntas penanganannya dilingkup Kejati Jambi , dirinya meminta agar kasus-kasus tersebut segera dituntaskan, dengan memberikan skala prioritas untuk penangannya.

Dijelaskannya, setiap kasus mempunyai bobot kesulitan yang berbeda untuk setiap pengungkapannya.  

Oleh sebab itu, Kajati diminta untuk menginventarisir kasus-kasus yang belum tuntas penanganannya sehingga nantinya pihak Kejagung dapat menentukan berapa lama kasus tersebut harus ditangani.

Sementara itu dalam kunjungannya, selain melakukan pertemuan tertutup di kantor Kejari Jambi, Jaksa Agung juga meninjau pembangunan Kantor Kejaksaan Tinggi Jambi yang lokasinya dekat dengan kantor Kejari Jambi.  

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00