• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Jaksa Menyapa

Kejati Riau Tetapkan Dua Tersangka Kredit Fiktif Bank BUMN Senilai Rp7,2 M

7 January
16:47 2020
0 Votes (0)

KBRN, Pekanbaru: Kejaksaan Tinggi Riau menetapkan dua orang tersangka kredit fiktif lewat salah satu bank BUMN di Ujung Batu, Kabupaten Rokan Hulu, Riau pada tahun 2017 hingga 2018. Salah satu tersangka merupakan Account Officer (AO) berinisial SY.

"Dalam hal ini pidananya pengajuan kredit fiktif BRI cabang Ujung Batu yang melibatkan orang dalam jabatannya AO melakukan kredit yang difiktifkan," kata Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Mia Amiati didampingi Asisten Pidana Khusus Hilman Azizi dan Asisten Intelijen Rahardjo Budi Kisnanto, Selasa (7/1/2020).

Adapun modus dua tersangka ini lanjut Mia, menggunakan data-data fiktif dan memalsukan tanda tangan pejabat terkait hingga akhirnya uang kredit dicairkan Bank.

"Tersangka SY memprakarsai untuk melakukan kredit fiktif artinya ada pihak luar yang bekerjasama gunakan data 18 orang petani yang dianggap mengajukan kredit. 17 orang dikucurkan dana sebesar Rp500 juta dan satu debitur mendapat Rp300 juta. Total kerugian keuangan negara mencapai Rp7,2 miliar," jelasnya.

Sejumlah dokumen akan disita dan terhadap dua tersangka ini masih buron. Keduanya sudah pernah dipanggil sebagai saksi atas kasus ini sebelumnya.

"Kita sudah menetapkan DPO terhadap keduanya. Pencekalan juga sudah dilakukan melalui Kejaksaan Agung kepada Imigrasi," ungkap Mia.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00