• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Cabor

Ini Penjelasan Ketua Pengprov Gateball Jabar Tentang Olahrga Gateball

12 January
16:35 2020
2 Votes (5)

KBRN, Subang : Olahraga gateball merupakan olahraga perpaduan antara olahraga golf, biliar, dan catur. Dalam satu game 10 orang, masing-masing 5 orang yang dipimpin seorang kapten.

Dengan ukuran lapangan 20 ke 15 meter, 3 gawang kecil ukuran 20 cm, stik 10 buah, bola 10 buah merah dan putih, dan 2 buah timer watch.

Olahraga ini berasal dari Prancis, kemudian pada tahun 1945 dikembangkan oleh Jepang, tujuannya untuk menghibur anak-anak korban bom Hirosima dan Nagasaki.

Kemudian olahraga ini berkembang pesat hingga diakui dunia, dan masuk dalam pertandingan olahraga.

Ketua Pengurus Provinsi Gateball Jawa Barat Marsma TNI Irwan Ishak Dunggio menuturkan, turis-turis Jepang datang ke Bali sekitar tahun 1994, membawa peralatan permainan gateball, semua peralatan ditinggal di Bali, setiap turis Jepang yang datang ke Bali selalu memainkan olahraga gateball tersebut.

"Dari situlah sebagian orang Bali sering melihat olahraga gateball yang dipermainkan para turis Jepang itu, lama-lama orang Bali itu ikut main. Kemudian 10 orang sesepuh olahraga gateball mengembangkan olahraga ini di Indonesia," ungkap Marsma TNI Irwan kepada wartawan di Subang, Minggu (12/1/2020).

Kemudian kata Irwan, olahraga gateball ini berkembang di Indonesia, baik di instasi pemerintahan, termasuk di intitusi TNI-AU dan TNI-AD.

Olahraga gateball ini menurutnya, membutuhkan konsentarsi dan strategi dalam memainkan olahraga gateball tersebut, karena olahraga gateball ini membutuhkan bertindak cepat untuk mematahkan serangam lawan, kemudian memiliki strategi bagaimana membangun serangan agar bisa membuat foul ke gawang.

Dan permainan gateball ini yang memiliki peran dalam game seorang kapten, yang menentukan para pemain.

"Kelihatannya olahraha ini sangat cocok untuk olahraga bagi yang senan adu strategi, kalau di Tentara olahraga ini merupakan strategi bergrilya," imbuhnya.

Sementara itu perkembangan olahraga gateball ini di Indonesia perkembangannnya cukup pesat dari tahun 2012, sudah mencapai 38 Pengprov Pergetasi di seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah sampai saat ini olahraga gateball ini sudah ada di 38 Provinsi," pungkas Irwan.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00