• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Warga Berharap Anies Baswedan Tangani Banjir

15 January
13:31 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Pada awal tahun 2020 lalu tepatnya pada tanggal 1 Januari 2020, Jakarta dikepung banjir karena tingginya intensitas hujan yang mengguyur ibu kota.

Bahkan BMKG mencatat curah hujan tertinggi selama 24 tahun terakhir berdasarkan data sejak 1996.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bekerja cepat menangani banjir. Berbagai respon dari warga atas banjir sendiri  diantaranya dengan mengecam Gubernur Anies Baswedan karena dianggap gagal menangani banjir. Mereka yang kontra menggelar aksi demo di Balaikota meminta pertanggungjawaban orang nomor satu di DKI itu. Adapula yang melakukan gugatan class action ke pengadilan.

Gugatan tersebut mewakili 243 laporan warga yang sudah diverifikasi. Tim advokasi banjir Jakarta 2020 menuntut Pemprov Jakarta mengganti kerugian  42,3 miliar  rupiah yang diklaim warga.Salah seorang tim Advokasi Korban Banjir Alvon kurnia Palma menyebut pemerintah DKI tidak melakukan upaya peringatan dini padahal BMKG telah memberikan earli warning jauh sebelumnya.

"Gubernur DKI Jakartalah yang paling tepat mengajukan gugatan, faktanya yang pertama kita menggugat mengenai banjir lokal yang terjadi awal tahun kemarin, sebenarnya pada tanggal 23 Januari itu sudah ada peringatan tetapi belum ada langkah yang konkrit yang dilakukan pemerintah mengenai earli warning tesebut " jelas Alvon Kurnia melalui Pro3 RRI, Rabu (15/01/2020).

Sementara itu, berbeda dengan warga yang memaklumi banjir menyebut banjir awal tahun baru adalah musibah. Tidak hanya di Jakarta namun juga daerah lain terkena banjir. 
Namun Gubernur Anies sigap dalam menangani banjir. Tuntutan agar Gubernur Jakarta bertanggung jawab atas musibah banjir, tidak semasif sekarang. (Foto: istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00