• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Pengaruh Amien Rais Masih Kuat untuk Menangkan Caketum PAN

15 January
15:06 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Sosok Amien Rais dinilai masih punya pengaruh yang cukup besar untuk menjadikan seorang kader menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Partai Amanat Nasional (PAN) dalam Kongres yang akan berlangsung tidak lama lagi.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin menilai, ada beberapa bukti yang memperkuat argumen bahwa pengaruh Amien masih besar di PAN. Terlebih dia merupakan pendiri dari partai tersebut.

"Ingat waktu pemilihan ketum PAN lima tahun lalu. Terjadi pertarungan antara Zulhas (Ketum PAN saat ini, Zulkifli Hasan) dengan Hatta Radjasa. Dan yang menang Zulhas karena di back up Amien Rais. Suara dan perintah Amien Rais masih diikuti oleh para kader PAN," katanya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Bukti kedua menurut dia yakni saat pemilu presiden (Pilpres) 2019 lalu, Amien Rais mampu mempengaruhi pengurus partainya untuk keluar dari koalisi petahana Joko Widodo, dan berbalik arah mendukung jagoan oposisi, Prabowo Subianto.

"Padahal Zulhas ingin tetap di koalisi Jokowi. Tapi faktanya PAN tetap keluar dari koalisi Jokowi," jelasnya.

Makanya, diyakinkannya bahwa siapapun kandidat yang didukung Amien, berpeluang besar menjadi orang nomor satu di partai berlambang matahari putih itu.

"Yang didukung Amien punya peluang besar jadi Ketum PAN," katanya.

Sebaliknya, jika ada kandidat, Zulhas sekalipun tidak didukung Amien, diprediksinya akan kalah telak.

"Sepertinya yang tidak didukung Amien Rais akan kalah," pungkasnya.

Sebagaimana diketahui, faktanya selama ini, siapapun kandidat yang didukung Amien Rais pasti jadi Ketum PAN. Pada kongres PAN ke III tahun 2010 misalkan, dimana itu Soetrisno Bachir melawan Hatta Rajasa, Amien memberikan dukungan kepada Hatta. Terbukti bekas Menteri Riset dan Teknologi itu tepilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum DPP PAN pada tanggal 9 Januari 2010 di Batam.

Begitu juga saat Hatta bertarung melawan Zulkifli Hasan di Kongres ke IV. Dengan dukungan Amien, Zulhas yang juga bekas Ketua MPR RI ini terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2015-2020. Padahal, di periode kepemimpinannya, Hatta mampu meningkatkan kursi PAN di Senayan. (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00