• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Vietnam Siap Berikan Layanan 5G, Indonesia Kapan?

15 January
17:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Vietnam berencana untuk meluncurkan layanan seluler 5G komersial tahun ini menyusul persaingan percepatan jaringan teknologi di Asia Tenggara.

Dilansir dari situs Kementerian Informasi dan Komunikasi Vietnam, negara tersebut telah memberikan lisensi percobaan 5G pertamanya untuk Viettel yang merupaka. perusahaan telekomunikasi terbesar di sana.

“Pada Juni 2019, perusahaan saham gabungan Vingroup JSC menandatangani kesepakatan dengan Qualcomm dan Fujitsu untuk memproduksi smartphone 5G di Vietnam,” tulis situs mic.gov.vn, Rabu (15/1/2020).

Lantas kapan Indonesia menyusul? Rencananya pemasangan layanan selular 5G sudah diwacanakan pemerintah RI sejak tahun lalu, namun hingga kini beluk terealisasi.

Pemerintah melalui Menkominfo menyatakan, 5G diharapkan datang di waktu yang tepat untuk menggunakan teknologi tersebut.

”Dengan demikian, tidak hanya menjadi tempat untuk memasarkan 5G. Pemerintah dan lembaga yang terlibat, termasuk industri telekomunikasi, sudah menyiapkan berbagai hal agar dapat mengadopsi jaringan 5G,” ungkap informasi Kemenkominfo.

Sementara itu, menurut Menkominfo Johnny G. Plate terdapat tiga hal yang harus diselesaikan sebelum mengadopsi jaringan 5G.

Pertama, penataan spektrum frekuensi harus dilakukan dengan benar sebelum menggelar teknologi ini.

”Spektrum yang akan menentukan seperti apa adopsi 5G di Indonesia. Kominfo pada pertengahan tahun ini menyelesaikan penataan ulang atau refarming pita frekuensi 800MHz dan 900MHz, frekuensi yang digunakan untuk layanan telekomunikasi seluler termasuk 2G, 3G dan 4G,” jelasnya baru-baru ini.

Kedua, menurut Johnny, perlu menentukan bagaimana 5G akan digunakan di Indonesia.

"Kita harus menemukan pilihan teknologi yang mana," kata Johnny.

“Indonesia perlu melakukan uji coba berbagai pilihan yang ada untuk menentukan teknologi yang akan digunakan dengan jaringan 5G," imbuhnya.

Selain itu, faktor geostrategis Indonesia terkait dengan jaringan 5G juga menjadi perhatian agar “Kita harus bisa memanfaatkan dengan baik untuk kepentingan kita," ucapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00