• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Legislator: Anggaran Tanggap Bencana Perlu Dinaikkan

15 January
23:33 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Ketua Komisi VIII DPR RI, Yandri Susanto meminta anggaran tanggap bencana alam dapat dinaikkan. Sebab, tak sedikit bencana alam telah melanda banyak kawasan di Indonesia per awal Januari 2020 ini.

Dia mengatakan, alokasi anggaran program perlindungan sosial korban bencana alam Kementerian Sosial tahun 2020 sebesar Rp 272 milliar masih kurang.

“Ketersediaan anggaran untuk program perlindungan sosial korban bencana alam Kemensos tahun 2020 hanya sebesar Rp 272 milliar. Kalau yang saya lihat dari paparan dan lainnya terkait semakin banyaknya bencana di Indonesia ini, wajar saja jika mereka meminta kenaikan anggaran,” kata Yandri di Jakarta seperti dilansir per rilis yang diterima RRI.co.id, Rabu (15/1/2020).

Menaikkan alokasi anggaran itu, kata dia, penting dilakukan karena menyangkut terhadap hal-hal penting dalam tanggap bencana alam. Seperti kesiapsiagaan tanggap darurat dan rehabilitasi serta rekonstruksi pasca bencana yang merugikan banyak masyarakat.

“APBN program tersebut masih minim untuk tahap kesiapsiagaan tanggap darurat dan rehabilitasi pasca bencana alam yang belakangan ini sering terjadi di Indonesia,” ujar dia.

Legislator Dapil Banten II itu juga memaparkan alokasi anggaran BNPB tahun 2020 sebesar Rp 700 milliar masih kurang. Walaupun terdapat dana siap pakai dan alokasi untuk program penanggulangan bencana masi di atas Rp400 miliar.

“Untuk program penanggulangan bencanannya sebesar Rp 478 milliar, makanya nanti kita lihat dulu kelanjutannya gimana,” kata politisi PAN ini.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00