• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Lucius Karus : DPR Punya Target Bombastis, Namun Minim Hasil

17 January
14:50 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Peresmian kembali 50 Rancangan Undang-Undang (RUU) yang masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020, dinilai menggambarkan kinerja DPR belum menunjukkan perbedaan dengan kinerja DPR yang terdahulu.

"Peresmian itu kembali menunjukkan DPR masih belum melakukan sesuatu yang berbeda dari DPR yang sebelumnya. Yang masih kemudian lebih tertarik dari jumlah yang banyak, ketimbang rencana yang fokus dan terarah," ungkap Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (FORMAPPI) Lucius Karus, dalam Tajuk Rencana Pro3 RRI, Jumat (17/1/2020) mengangkat tema '50 RUU Masuk Prolegnas Perioritas 2020'. 

Yang membuat jadi lebih aneh kata Lucius, pada awal Desember 2019 dalam evaluasi kinerja legislasi oleh Badan Legislatif, menunjukkan satu poin yakni menginginkan penyusunan perencanaan Prolegnas yang sederhana. Sehingga tidak banyaknya RUU yang masuk perioritas tahunan, namun mencari RUU yang benar diperioritaskan kemudian dibahas oleh alat kelengkapan.

"Waktu itu maksimal dua RUU sebagai alat kelengkapan dewan dalam satu tahun. Itu yang saya kira realistis. Kemudian kesepakantan di rapat Baleg tidak dieksekusi lebih lanjut, dalam kesepakatan untuk menyusun daftar RUU 2020 yang kembali menetapkan 50 RUU. Artinya komitmen awal DPR untuk fokus dengan jumlah atau target yang sederhana tidak tercermin lagi," ungkapnya.

"Target yang selalu bombastis, dan hasil yang selalu minim," pungkasnya. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00