• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Bawaslu Ingatkan Netralitas ASN Jelang Pilkada Lingga

17 January
15:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Tanjungpinang; Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam menghadapi Pilkada Lingga bulan Oktober 2020  sangat rawan. Hal ini disampaikan oleh Ketua Bawaslu Lingga, Zamroni mengatakan, ada berbagai larangan dan sanksi yang bisa dikenakan kepada ASN yang terlibat dalam politik tersebut. 

“Jika terbukti ASN terlibat politik akan disanksi tegas sesuai aturan yang berlaku,” Kata Zamroni,SH,MH Ketua Bawaslu Lingga kepada RRI, Jumat (17/01/2020).

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lingga  mengingatkan aparatur sipil negara (ASN), agar bersikap netral pada pesta demokrasi Pilkada 2020. Diterangkan Zamroni, Larangan-larangan tersebut memiliki dasar hukum yang jelas, yaitu Undang-undang (UU) Nomor 5/2014 tentang ASN dan UU Nomor 10/2016 tentang Pilkada.

“Selain itu, Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53/2010 tentang Disiplin PNS dan PP Nomor 42/2002 tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik PNS juga turut mengaturnya secara jelas,” terangnya.

Ada 7 larangan bagi ASN selama Pilkada :

1. ASN dilarang melakukan pendekatan terhadap partai politik terkait rencana pengusulan calon kepala daerah.

2. ASN dilarang memasang spanduk atau baliho yang mempromosikan calon kepala daerah.

3. Dilarang mendeklarasikan diri sebagai calon kepala daerah.

4. Dilarang menghadiri deklarasi calon kepala daerah.

5. Dilarang menjadi pembicara atau narasumber pada kegiatan pertemuan partai politik.

6. Dilarang untuk melakukan foto bersama dengan calon kepala daerah.

7. yaitu menyangkut unggahan, tanggapan, like,atau penyebarluasan gambar, foto, maupun visi misi calon kepala daerah melalui Facebook, WhatsApp, IG dan media sosial lainnya.

Oleh karena itu, kata dia, pencegahan terjadinya pelanggaran netralitas ASN dilingkungan Pemerintah Kabupaten Lingga pelru diberitahukan jauh-jauh hari. Sebagai bentuk upaya pencegahan Bawaslu Lingga akan mengirim Surat yang berkaitan dengan netralitas ASN kepada Pemkab Lingga beserta instansi-instansi  vertikal yang membawahi para ASN di Kabupaten Lingga.

“Karena berkaca pada pengalaman pileg dan pilpres 2019 yang lalu bawaslu lingga telah menindak  dua oknum ASN Yang tidak netral sehingga telah dijatuhi sanksi dari komisi aparatur sipil negara,” tuturnya.

Bawaslu berharap untuk Pilkada 2020 ini dikabupaten lingga tidak lagi terjadi pelanggaran pelanggaran yang dilakukan oleh para ASN. Serta pelaksanaan Pilkada dapat berjalan dan berlangsung dengan damai dan berintegritas. (RB)

  • Tentang Penulis

    RISFAN BADRIAN

    Bahagia bukan milik dia yg hebat dalam segalanya, namun dia yg mampu temukan hal sederhana dalam hidupnya dan tetap bersyukur.

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00