• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Kursi Wagub DKI, IPR : Kompromi Politik PKS Gerindra Harus Berjalan

20 January
15:22 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin mengatakan, kompromi, komunikasi politik, dan lobi-lobi antara Gerindra dan PKS menjadi langkah menuntaskan persoalan siapa mengisi Wakil Gubernur DKI.

"Ketika Sandiaga Uno lepas, kursi kan harus diusung oleh dua partai. Jadi dua partai ini harus sepakat, kalau tidak maka tidak memenuhi persyaratkan UU. Kunciunya membangun kesepakatan ulang antar kedua partai itu. Harus seiring sejalan," ungkap Ujang Komaruddin pada Pro3 RRI Senin (20/1/2020).

Sebab kata Ujang, dinamika politik sudah sangat berubah dan berganti pascamajunya Sandiaga Uno tersebut. Dimana dulu memang wakil menjadi haknya PKS, namun sekarang tentu tidak lagi.

"Dinamika politik sudah berganti, Gerindra juga menginginkan kadernya menjadi wakil gubernur. Persoalan menjadi makin runcing, namun persoalan politik kan bisa dibicarakan, tidak harga mati. Jadi kompromi, lobi dan komunkasi politik menjadi penting untuk menyelesaikan persoalan itu," 

Menurutnya, ketika nama-nama yang diusungkan kedua partai tidak saling sepakat, maka persoalan tidak akan pernah selesai.

"Siapa itu, namanya maupun berapa nama dia tidak saling sepakat antara dua partai, maka persoalan ini tidak pernah selesai. Masyarakat menanti, persoalanb Jakarta banyak, Jakarta membutuhkan wakil gubernur," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00