• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Jalani Fit and Proper Test di DPD Golkar Sumut, Ihwan Ritonga Ingin Bawa Medan Bermartabat

20 January
17:26 2020
0 Votes (0)

KBRN, Medan: Wakil ketua DPRD Medan dari Fraksi Gerindra Ihwan Ritonga menjalani Fit and Proper Test yang dilakukan DPD partai Golkar Sumatera Utara sebagai partai pengusung di bursa bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah Se Sumut, pada Pilkada serentak 2020. 

Pria yang juga ketua DPC Partai Gerindra Medan ini menjalani uji kelayakan dan kepatutan di Aula kantor DPD Golkar Sumut, Jalan Wahid Hasyim Medan, Senin (20/1) siang. Ihwan menjalani fit and proper test sebagai bakal calon Walikota Medan periode 2020 - 2025.

Dalam visi dan misi yang disampaikan di hadapan para penalis, Ihwan tetap berkomitmen ingin menjadikan Medan menjadi kota yang bermartabat.

"Visi dan misi kita ingin menjadikan Medan ini menjadi kota yang bermartabat ya. Bukan Medan yang bermartabat ya, tapi kota yang bermartabat. Bermartabat itu kan ya warganya terlindungi secara bermartabat, kotanya terlindungi secara bermartabat. Membangun itu harus dengan bermartabat. Misalnya jika membangun infrastruktur, lantas ada warga disitu kita main sesuka hati. Kita buat adab yang bermartabat kepada mereka," ujarnya. 

Selain Golkar, Ihwan juga telah mengikuti fit and proper test ke partai NasDem, Gerindra, dan Demokrat. Bahkan dirinya telah melakukan pendaftaran ke partai lain termasuk partai PDI Perjuangan. Walaupun secara kursi di DPRD partai Gerindra bisa mengusung calon tunggal di Pilkada Medan tahun ini, Ihwan ingin menjalin komunikasi dengan partai lain. Sebab, menurutnya membangun kota Medan, Gerindra tidak bisa berjalan sendiri. 

"Kita memang kader Gerindra, tapi harus silaturahmi ke beberapa partai. Hari ini kita di Golkar, kemarin kita ke Nasdem, Demokrat, dan bahkan PDI Perjuangan. Hampir semua partai kita masuk karena membangun kota Medan ini tidak bisa sendiri, walaupun partai Gerindra itu bisa diusung sendiri. Sebab kota Medan itu luas dan multikultural yang banyak suku, agama. Jadi, harus banyak membangun komunikasi karena Medan luas," ujar Ihwan. 

"Sampai detik ini ada di Nasdem, kemudian Golkar hari ini, kemudian di Gerindra kita sudah. Serta PDI P juga jalin komunikasi," tambahnya.

Pada Pilkada tahun ini, menantu presiden Jokowi, Bobby Nasution juga ikut dalam bursa bakal calon walikota Medan. Bobby disebut - sebut sebagai bakal calon kuat maju di Pilkada Medan tahun ini. Bahkan, Bobby juga telah mendaftar ke DPC Gerindra. Menanggapi hal itu, Ihwan menilai sah - saja siapapun yang ingin maju diusung partai Gerindra.

"Kita tanggapan itu baik - baik saja, karena partai Gerindra sendiri kan partai terbuka. Siapapun punya hak untuk diusung maju sebagai calon walikota dan wakil walikota, kepala daerah lainnya. Tidak ada larangan. Selagi dia warga negara Indonesia, mempunyai hak untuk ikut dimanapun untuk ikut mendatar," ujarnya. 

Terkait pertemuan Bobby dengan ketua umum partai Gerindra Prabowo Subianto beberapa waktu lalu, Ihwan juga menanggapi hal itu sebagai ajang silaturahmi yang biasa. Ihwan juga mengapresiasi niatan baik Bobby yang sama - sama ingin membangun kota Medan lebih baik ke depan. 

"Itukan silaturahmi, sah - sah saja. Mungkin siapaun. Jangankan Bobby, mungkin ada calon lain ketemu pak Prabowo sah - sah saja cari jalan menuju ke sana. Kita anggap itu adalah silaturahmi yang biasa. Bung Bobby juga adalah mungkin berniat membangun kota Medan ini kita anggap baik. Siapapun yang ingin maju dan tujuannya baik kita apresiasi itu," tegas Ihwan.

Usai menjalani rangkaian fit and proper test, Ihwan meninggalkan kantor DPD Golkar Sumut pada pukul 15.37 wib. (Joko Saputra)

  • Tentang Penulis

    Joko SA

    System Admin RRI Medan<br />

  • Tentang Editor

    Syarif Hasan Salampessy

    Redaktur Puspem LPP RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00