• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

Songsong Pilkada 2020, Demokrat Bentuk Tim Penjaringan 19 Daerah di Jatim

21 January
02:07 2020
0 Votes (0)

KBRN, Surabaya : Partai Demokrat DPD Jawa Timur, mulai bergerak dalam proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 19 Kabupaten Kota di Jawa Timur. Salah satunya dengan mengumpulkan 19 DPC guna mendapat pengarahan.

Ketua Plt DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio menjelaskan, pertemuan ini membahas terkait petunjuk pelaksanaan (juklak) dan peraturan organisasi terkait Pilkada serentak 2020 tersebut. Dan sedianya juklak sendiri sudah ada pada 15 Januari.

"Mungkin agak sedikit mundur keluarnya, namun ini tidak terlambat menurut saya, karena pendaftaran di tanggal 18 sampai 20 Juni itu masih lama," ujarnya, Senin (20/1/2020).

Renville menginstruksikan kepada DPC di 19 daerah tersebut, untuk segera membentuk tim penjaringan DPC dalam kurun waktu seminggu kedepan. Tim penjaringan akan melakukan mekanisme penjaringan.

Tugas dari Tim Penjaringan ini, lanjut Renville, mulai dari membuka pendaftaran, atau mungkin dengan mekanisme lain penjaringan, kemudian melakukan seleksi administratif, maupun seleksi kompetensi.

"Dan tentu semua didasari dengan asaz asaz keterbukaan, independen dan akuntabel," imbuhnya.

Selain itu, Demokrat juga tidak mengindahkan hasil survei. Renville menuturkan, Tim Penjaringan nanti harus memaparkan hasil penjaringannya disertai dengan survei, untuk meyakinkan DPD terhadap kredibilitas bakal calon.

"Untuk meyakinkan, bagaimana calon tersebut memiliki strategi pemenangan di Pilkada, dan bagaimana poin poin kerjasama koalisi partai, dan bagaimana manfaat untuk masyarakat maupun Partai Demokrat," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00