• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Ini Alasan Dua Jagoan PKS Gagal Jadi Wagub DKI

21 January
12:44 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Salah satu penyebab gagalnya dua jagoan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto menjadi Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta dinilai karena pimpinan Fraksi Partai Gerindra DPRD DKI Jakarta tidak mengikuti rapat pimpinan gabungan (Rapimgab).

Sekretaris Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta, Achmad Yani menjelaskan, pada mulanya, saat Sandiaga Uno meninggalkan kursi wagub demi maju sebagai Cawapres, Gerindra telah sepakat untuk menempatkan kader PKS sebagai pendamping Gubernur Anies Baswedan.

"Karena ada kesepakatan antara Gerindra dan PKS bahwa untuk wagub merupakan hak atau jatah PKS. Kesepakatan sebelum Pilpres," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Selasa (21/1/2020).

Maka dari itu, lanjutnya, PKS pun mengajukan dua nama, yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Terkait hal tersebut, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Presiden PKS Sohibul Iman pun menandatangani surat rekomendasi.

"Lalu surat itu diserahkanlah kepada Pak Gubernur, kemudian Pak Gubernur menyerahkan ke DPRD DKI untuk bisa diproses pemilihan," tandasnya.

Mendapatkan surat itu, DPRD DKI Jakarta langsung membentuk panitia khusus (Pansus). Namun sayangnya, meski sudah ada kesepakatan awal, masih saja ada perdebatan antara Fraksi PKS dengan Fraksi Gerindra.

"Memang pada waktu lalu seringkali ada perbedaan pandangan tentang masalah forum antara Gerindra dengan PKS di Pansus itu," sesalnya.

Singkat cerita, setelah pembahasan di Pansus selesai. Hasilnya lalu di bawa ke Rapimgab. Tapi lagi-lagi dalam proses itu terdapat beberapa kendala. Salah satunya yakni tidak dihadiri oleh pimpinan Fraksi Gerindra.

"Nah di Rapimgab ini yang memang rapatnya harus dihadiri oleh para pimpinan itu, dari pimpinan Gerindra tidak hadir, kemudian ada beberapa juga dari pimpinan peserta lain ada yang tidak hadir. Sampai tiga kali tidak quorum Rapimgab, menyebabkan stagnan, ga berjalan sebagaimana mereka. Sampai akhirnya periode lalu berakhir. Itu persoalannya," urainya.

Perlu diketahui, saat ini PKS dan Gerindra kembali membuat kesepakatan baru. Yakni mereka sama-sama mengajukan satu kader terbaik untuk dipilih DPRD DKI Jakarta. Mereka adalah kader PKS Nurmansjah Lubis dan kader Gerindra, Ahmad Riza Patria. (Foto : Tangkap Layar YouTube Achmad Yani PKS)


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00