• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Politisi PAN : Amien Rais Tak Jalankan Politik Dinasti

21 January
15:56 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Politisi Partai Amanat Nasional (PAN), Muslim Ayub membantah tudingan miring yang menyatakan bahwa pendiri PAN, Amien Rais telah menjalankan politik dinasti.

Justru menurut dia, yang membangun politik dinasti adalah Ketua Umum (Ketum), Zulkifli Hasan (Zulhas).

"Yang membangun dinasti di PAN itu ya justru Zulhas," katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (21/1/2020).

Buktinya, lanjut dia, ada empat saudara Zulhas yang menjadi pengurus PAN di daerah. Namun sayangnya, tiga diantaranya malah tersangkut kasus hukum.

"Bayangkan adiknya ketua PAN di Bengkulu yang bupati sekarang, kemudian Bupati Lampung yang ketangkap KPK juga Ketua PAN, Anaknya jadi Wakil Ketua DPRD DKI, dianya Ketum sekaligus Wakil Ketua MPR. Jadi yang dinasti Politik itu siapa sekarang," urainya.

Diketahui, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pernah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. Ia merupakan adik kandung dari Zulhas. 

Sementara itu, saudara Zulhas lainnya, yakni Hazizi Hasan dan Helmi Hasan, juga merupakan politikus PAN.

Helmi Hasan merupakan Walikota Bengkulu periode 2013-2018. Namun, Helmi Hasan juga punya catatan kelam. Dimana pada tahun 2015 lalu, dia pernah ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana bansos tahun 2012 – 2013 sebesar Rp 11,4 miliar.

Begitu juga dengan Hazizi Hasan. Saat menjabat anggota DPRD Provinsi Lampung periode 2014-2019. Namun pada tahun 2017 silam, Hazizi ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan penipuan terkait uang setoran proyek senilai Rp 14 miliar. 

Selain keempat adiknya, putri Zulhas, Zita Anjani juga berkarir di politik dengan "berbaju" PAN. Meski baru terpilih di pemilu  2019, dia langsung duduk sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. 

Melihat banyaknya keluarga Zulhas yang terjerat kasus hukum, Muslim pun menilai bahwa Zulhas sesungguhnya tidak layak lagi memimpin PAN untuk periode yang akan datang. Apalagi suara PAN sangatlah merosot pada Pemilu 2019 lalu.

"Hal ini dibuktikan dengan indikator merosotnya suara PAN di DPR RI yang awalnya mencapai 48 kini tinggal 44 kursi, dan mengakibatkan PAN tidak lagi menjadi salah satu pimpinan DPR RI," jelasnya. 

Ditegaskan Muslim, Amien Rais yang kini menjabat sebagai Ketua Dewan Kehormatan PAN sama sekali tidak memaksakan keluarga atau anak-anaknya untuk menduduki jabatan tertentu di partai berlambang matahari putih itu. Terlebih, dua anak Amien hanya menjadi anggota DPRD Yogyakarta, tanpa menjabat posisi apapun disana.

"Kalau mau bisa saja kan Pak Amien jadikan kedua anaknya mengisi posisi jabatan tertentu, tapi itu tidak dilakukan," tekannya.

Sebagaimana diketahui, salah satu putra Amien Rais, Hanafi Rais yang juga Anggota DPR RI digadang-gadang bakalan menduduki posisi Sekertaris Jenderal (Sekjen) PAN jika Mulfachri Harahap berhasil memang dalam Kongres PAN V nanti. 

Muslim menjelaskan bahwa itu merupakan bagian dari kompetisi, bukan serta-merta ditunjuk langsung. Muslim pun menilai bahwa Hanafi layak mendampingi Mulfachri karena memang dia punya kompetensi yang mempuni.

"Itu karena memang kemampuanya diatas rata-rata tidak serta merta ditunjuk bahkan Dia itu melalui proses voting dengan mengalahkan Yandri (Yandri Susanto). Jadi bukan diberi karpet merah oleh bapaknya dalam hal ini PaK Amien Rais. Tapi ini benar-benar murni kompetensi melalui jalur yang transparan. Bukan dinasti," pungkasnya kembali menegaskan. (Foto : Antara/ Reno Esnir)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00