• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sosok

Pria Penjual Ikan Cupang Asal Bengkulu Ini Mampu Raup Rp 3 Juta dalam Sebulan

21 January
18:57 2020
0 Votes (0)

KBRN, Limapuluh Kota : Pelaksanaan berbagai kegiatan berupa event di sejumlah daerah di Sumatera Barat di samping menjadi upaya publikasi dan promosi terhadap potensi kearifan lokal ternyata dampaknya dirasakan oleh lintas sektoral terutama bagi para pelaku UMKM.

Pardi Syahri, warga asal Pasar Minggu, Provinsi Bengkulu, kepada RRI, Selasa (21/1/2020) mengatakan, dirinya merasakan manfaat  rangkaian event  yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta atau masyarakat. Profesi sebagai penjual ikan hias yang sudah ditekuninya ini cukup menguntungkan guna meraup rupiah apalagi didukung keramaian massa, lantaran Pardi Syafri berkeliling berjualan bersama rekannya dari satu daerah ke daerah lain.

Berbagai jenis ikan hias didatangkan langsung dari Pulau Jawa kemudian dijual eceran, anak-anak cukup menyukai ikan hias seperti ikan cupang. Selama sebulan ia mampu menjual seribu ekor bahkan lebih tergantung minat masyarakat. Dari jumlah tersebut didapatkan penghasilan mencapai 3 juta rupiah per bulan.

"Iya bang, alhamdulillah ada dapat keuntungan. Kadang - kadang sebulan ada terjual seribu ekor, tapi juga bisa kurang bahkan ada juga lebih, tergantung situasi. Rezeki kan udah diatur. Ikan Cupang disukai anak-anak, warnanya cantik. Ikan ini kita datangkan dari pulau Jawa.  Alhamdulillah dapat capai penjual 3 juta rupiah kotor sebulan," ujarnya

Diketahui, Pardi Syahri sudah dua bulan berdomisili di kota Padang Panjang. Dengan menggunakan mobil, dirinya berjualan ikan secara berpindah-pindah. Ketika ditanya apakah ada kendala untuk menggelar dagangan ikan hias ini di tengah masyarakat, penolakan langsung tidak ditemui namun alasan jangan mengganggu akses jalan dan transportasi patut menjadi acuan dari kepanitiaan event.

Pardi Syahri menikmati usahanya berjualan ikan hias di Sumatera Barat. Apalagi keramahtamahan warga, ditambah pesona alam yang dimiliki Ranah Minang patut untuk diperkenalkan ke dunia luar. Sinergitas memang harus diterapkan antar-lintas sektoral untuk pemberdayaan masyarakat terhadap potensi lokal daerah. Di sisi lain,  baru-baru ini Pardi Syahri menggelar produk dagangannya dalam momentum Peristiwa Situjuah yang diperingati di lapangan bola Chatib Sulaiman, Nagari Situjuah Batua, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Kabupaten Limapuluh Kota. Tampak jelas event tersebut berdampak bagi sektor perekonomian.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00