• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Pilkada 2020

KPU Riau Wajibkan Calon PPK Tidak Terlibat Narkoba

22 January
09:02 2020
1 Votes (1)

KBRN, Pekanbaru : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau tengah membuka pendaftaran calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020. KPU mewajibkan calon PPK bebas dari pengaruh maupun keterlibatan lainnya dalam narkotika jenis apapun.

Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham M Yasir menyampaikan, rekrutmen badan Ad Hoc PPK dilakukan mengacu pada Peraturan KPU Nomor 16 tahun 2019. Pengumuman pendaftaran dilakukan sejak Rabu, 15 Januari 2020 sampai 14 Februari 2020 mendatang.

"KPU akan menerima masing - masing PPK sebanyak 5 (lima) orang per Kecamatan, yang akan bertugas di semua kecamatan se Provinsi Riau. Tahapan rekrutmen PPK, dimulai 15 Januari - 14 Februari 2020," katanya, Rabu (22/1/2020).

Terkait persyaratan, Ilham menjelaskan, calon PPK adalah Warga Negara Indonesia dengan usia paling rendah 17 tahun memiliki KTP elektronik. Calon anggota PPK, kata dia, harus sehat secara jasmani, rohani dan bebas dari kegiatan partai politik tertentu, serta berpendidikan paling rendah SMA sederajat.

"Peserta seleksi juga harus benar-benar independen, tidak aktif dalam kegiatan politik, termasuk di partai politik tertentu," ucapnya.

Nanti, kata Ilham, calon PPK ini akan menjalani seleksi administrasi, tes tertulis, wawancara dan sebelum dilantik nanti KPU membuka ruang tanggapan masyarakat terhadap bakal calon PPK.

Komisioner KPU Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Provinsi Riau, Nugroho Noto Susanto menambahkan, bahwa pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

"Kita berkoordinasi untuk meminta Dinkes memfasilitasi pemeriksaan kesehatan calon pelamar PPK di tiap puskesmas oleh dokter pemerintah," ujarnya.

Dijelaskan juga, bahwa KPU mewajibkan seluruh calon petugas badan Ad Hoc yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan Pilkada 2020 untuk mengikuti tes narkoba, melalui dukungan fasilitas surat keterangan kesehatan oleh Dinas Kesehatan (Dinkes).

"Calon PPK dan PPS untuk Pilkada harus terbukti bebas dari narkoba yang merupakan bagian dari tes kesehatan," kata Nugroho.


tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00