• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kilas Bola

Standarisasi Stadion Citarum Semarang Diuji Teknisi Berlisensi FIFA

22 January
12:59 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Guna memenuhi standarisasi FIFA Stadion Citarum Semarang,Pemkot Semarang melalui Dinas Penataan ruang(Distaru) mendatangkan tenaga ahli dari Cina yang mempunyai Lisensi FIFA,untuk dilakukannya Sertifikasi kualitas dan kelayakan rumput Stadion Citarum,Rabu (22/1/2020).

Pelaksana Harian(Plh) Dinas Penataan Ruang (Distaru) Kota Semarang Irwansyah mengatakan, sertifikasi perlu dilakukan agar kelayakan standarisasi lapangan citarum dapat diakui FIFA.

Lebih lanjut Stadion Citarum menghabiskan dana Rp14,7 milyar diantaranya 12 milyar untuk rumput sintetis yang memiliki standar FIFA.

" Lisensi standarisasi lapangan citarum perlu dilakukan agar diakui oleh FIFA," ungkap Irwansyah

Menurut Irwansyah,perbaikan Stadion Citarum untuk tahap 2019 ini sudah 100 persen. Perbaikan tersebut meliputi drainase, pematangan lahan lapangan, dan pemasangan rumput sintetis. 

“Rumput yang kami gunakan juga sesuai dengan standar dari FIFA dan pengerjaan kelesuruhan sudah mencapai 100 persen untuk lapangan sintetis,” ujar Irwansyah 

Sebelum dilakukan pemugaran seperti saat ini, kondisi Stadion Citarum memang memprihatinkan. Kualitas rumput dan kondisi bangunan banyak yang tidak terawat. Pada 2019 ini, Pemkot Semarang melakukan terobosan yang besar untuk stadion kebanggaan masyarakat Kota Semarang ini.

“Penggantian rumput menjadi sintetis kelas FIFA itu bentuk kesungguhan Pemkot Semarang dalam memberikan fasilitas olahraga terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Sementara itu stadion citarum menggunakan rumput sintetis Polytan tersebut berasal dari Jerman. Jenis rumput ini merupakan standar FIFA sebagai induk organisasi sepak bola dunia. 

Irwansyah berharap nantinya para atlet akan semakin nyaman menggunakannya dan akan lahir atlet-atlet hebat dari Kota Semarang.

Sedangkan Stadion Citarum akan dipakai PSIS Semarang dalam kompetisi liga satu musim ini untuk itu manajamen PSIS diberi kepercayaan oleh Pemkot Semarang dalam pengelolaan keseluruhannya.(Ah)

  • Tentang Penulis

    agus heriyanto

    Peluang tidak datang sewaktu-waktu, Anda yang menciptakannya." Semangat Tanpa Henti untuk RRI

  • Tentang Editor

    Afrizal Aziz

    Redaktur Pro 3 RRI

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00