• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

KPK : Informasi Keberadaan Harun Bersumber dari Ditjen Imigrasi

22 January
16:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Komisi Pemberantasan Korupsi terus berupaya mencari Tersangka Harun Masiku yang diduga terlibat kasus perkara dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) suap hingga saat ini masih terus diburu penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Bahkan Harun Masiku telah dimasukkan dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) karena hingga saat ini belum juga menyerahkan diri kepada KPK, padahal Harun sendiri sudah ditetapkan sebagai tersangka.

Plt juru bicara KPK menjelaskan, bahwa hingga saat ini KPK selalu berkoordinasi dengan pihak Imigrasi terkait lalu lintas orang.

"Berkoordinasi dgn pihak imigrasi tentu karena terkait kewenangannya untuk mengecek lalu lintas orang," ungkap Ali Fikri di gedung KPK, Rabu (22/01/2020).

Fikri menjelaskan, KPK selama ini mendapatkan informasi dari salah satunya dari Ditjen Imigrasi.

"Intinya KPK telah mendalami semua informasi yang kami terima sehingga selama ini informasi dari imigrasi hanyalah salah satu sumber informasi KPK, ini karena terkait dengan hubungan antar institusi yang selama ini berjalan dengan baik," ungkap Ali.

Sebelumnya, Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi mengakui bila tersangka KPK Harun Masiku sudah di Indonesia sejak 7 Januari 2020 atau sehari sebelum operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK. Ronny menyebut ada persoalan para perangkat yang ada di Bandara Soekarno-Hatta sehingga sebelumnya belum diketahui kedatangan Harun itu.

"Sudah masuk rupanya setelah kita dalami sistem itu sudah masuk, Memang ada delay time karena di (Terminal) 2F itu perangkat IT kita baru pasang di sana jadi ada delay time setelah kita dalami dan kita tahu sudah masuk tanggal 7 Januari 2020 yang lalu," ungkap Ronny.

Harun Masiku terlibat suap Pergantian Antar Waktu (PAW) seorang Anggota Dewan Perwakilan Rakyqt (DPR) Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Namun beredar informasi bahwa Harun diduga sudah berada di Indonesia sejak 7 Januari 2020. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00