• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Basiruddin : Penentuan Lokasi Kongres PAN Bukan Lagi Sepihak

22 January
16:39 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Wakil Bendahara Umum (Wabendum) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Amanat Nasional (PAN), Basiruddin Amirrudin mengaku miris dengan penentuan tempat pelaksanaan Kongres V partai berlambang matahari putih itu sebagai putusan yang sepihak.

Dimana ajang pemilihan Ketua Umum (Ketum) itu sudah ditentukan berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara pada 12 Februari 2020. 

"Di dalam sebuah partai besar seperti PAN, agak miris melihat keputusan tempat Kongres bukan lagi sepihak tapi individual," sesalnya kepada wartawan di Jakarta, Rabu (22/1/2020).

Perlu diketahui, lanjut Basiruddin yang juga Pembina Wilayah (PANWIL) Sulawesi Tengah ini, berdasarkan AD/ ART PAN Pasal  30, pengambilan keputusan penting harus diambil melalui musyawarah untuk mencapai mufakat. Jika hal itu tak tercapai, maka keputusan harus diambil melalui pemungutan suara. Sementara itu, masih berdasarkan aturan itu juga, apabila hasil pemungutan suara hasilnya sama, maka pemungutan suara ulang pun harus dilakukan. 

"Nah inilah proses mekanisme rapat yang harusnya di lakukan," tegasnya.

Lebih lanjut Basiruddin mengungkapkan, sebelumnya Rapat Harian DPP PAN mengagendakan persiapan Kongres, parahnya, rapat tersebut sama sekali tidak membahas tentang tempat Kongres, melainkan langsung menunjuk Sekjend PAN, Eddy Suparno sebagai Ketua SC Kongres. Penunjukan Ketua OC pun katanya dalam keadaan rapat tidak kondusif.

"Padahal yang kita mau rapatkan di Pengurus Harian adalah pertama qourum kepesertaan rapat, karena banyak pengurus Harian yang tiba-tiba namanya hilang. Pembentukan panitia SC dan OC Munas juga harusnya sekaligus struktur kepanitiaan nama dan tempat pelaksanaan pada saat itu," jelasnya.

"Kalau bicara mekanisme dimana mekanismenya tiba-tiba muncul tempat kongres. Kalau mau profesional verifikasi administrasi dan faktual kesiapan dan kesediaan lokasi yang sudah di sebutkan sebelumnya ada beberapa provinsi calon tuan rumah, selanjutnya di bawah pada forum resmi yaitu rapat pengurus Harian untuk menentukan tempat dan lokasi Kongres, lebih fair dong," lanjutnya.

Sebab ditekankannya, Kongres merupakan event yang sangat penting.

"Inikan event lima tahunan dan tempat melahirkan pemimpin , ikutin aja mekanismenya rapat Harian ttg tempat dan SC /OC secara terbuka, menurut info tentang  Kongres tanggal 12 di Kendari ternyata Hotel sudah di book semua dari tanggal 9-12 Februari, ini sekali lagi kaya perusahaannya ya," pungkasnya. (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00