• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

PII Segera Hadirkan Program Profesi Insinyur di Undana Kupang

22 January
17:30 2020
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Persatuan Insinyur Indonesia (PII) pusat melalaui PII Cabang Kupang segara menghadirkan Program Profesi Insinyur di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerjasama dengan Universitas Nusa Cendana Kupang sebagai penyelenggara program studi.

Kepastian Pengurus Cabang Persatuan Insinyur Indonesia Kupang menghadirkan Program Profesi Insinyur di Kupang Nusa Tenggara Timur, secara resmi akan ditandai dengan acara penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara Persatuan Insinyur Indonesia Pusat dengan Universitas Nusa Cendana Kupang sebagai penyelenggara program, di Kota Kupang pada Kamis 23 Januari 2020.

Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Kupang Dr. Ir. Andre W. Koreh, MT di Kupang menjelaskan, hadirnya Program Studi Profesi Insinyur di Undana Kupang merupakan acara yang cukup bersejarah bagi Pengurus PPI Cabang Kupang maupun masyarakat NTT.

Andre Koreh menegaskan, tidak semua Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta yang diberi kepercayaan mengelola program profesi insinyur.

“Dalam strata Profesi Insinyur itu ada tiga yaitu, Insinyur Profesional Pratama atau IPP, kemudian Insinyur Profesional Madya, dan Utama. Nah untuk menyelenggarakan Profesi Insinyur ini, maka daerah harus punya IPM atau Insinyur Profesional Madya minimal enam orang, dan dia wajib bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang terakreditasi A. Jadi tidak semua perguruan tinggi menjadi penyelenggara PPI atau Program Profesional Insinyur. Nah karena ini sudah disepakati dengan Undana, maka pada Kamis  Januari 2020, akan dilakukan penandatanganan MOU dengan Undana,” ungkap Ketua PII Kupang Andre Koreh.

Sekertaris Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Kupang Dr. Ir. Andi Hidayat Rizal MT. menjelaskan, alasan PII memilih Undana sebagai penyelenggaran program, karena sesuai penyediaan sumber daya manusia pengajar sudah memadai dan akan didukung oleh tenaga pengajar Insinyur Profesional Madya minimal enam orang. Selain itu, Undana merupakan perguruan tinggi negeri yang terletak di Wilayah Perbatasan, dengan jumlah SDM kependidikan yang sangat memadai, dan menjadi Pembina bagi perguruan tinggi lain yang ada di Wilayah NTT.

“Kenapa Undana yang menjadi penyelenggara Program Profesi Insinyur, karena kalau di Undanakan lebih lengkap, terutama dari segi Sumber Daya Manusia sudah tetap. Cuman didalam itu ada persyaratan sesuai Undang-Undang minimal enam orang Insinyur Profesional Madya,” tegas Sekertaris Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Kupang Dr. Ir. Andi Hidayat Rizal MT.

“Sementara ini memang di Kupang ini kita baru ada dua orang Insinyur Profesional Madya. Sehingga persyaratan itu coba kita penuhi dengan pernah melakukan program sertifikasi pada tahun kemarin. Nah kita harapkan program ini sebelum dibuka di Undana, kita bisa memenuhi persyaratan itu, sehingga kita tidak perlu mendatangkan pengajar dari luar lagi,” jelas Andi lebih lanjut.

Adapun dasar penyelenggaraan Program Profesi Insinyur atau PPI adalah, amanat Undang-Undang Keinsinyuran Nomor 11 Tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah Nomor 25 tahun 2019 yang berisi, program profesi insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana, untuk membentuk kompensasi keinsinyuran.

Untuk memperoleh gelar insinyur, seseorang harus lulus dari program profesi insinyur, yang diselenggarakan oleh Perguruan Tinggi bekerjasama dengan Kementerian terkait dan Persatuan Insinyur Indonesia.

Sedangkan gelar profesi insinyur diberikan oleh Perguruan Tinggi Penyelenggara Program Profesi Insinyur yang bekerjasama dengan Kementerian terkait, dan Persatuan Insinyur Indonesia atau PII.

Dalam program studi keinsinyuran nanti, dilengkapi dengan sepuluh bidang yakni, Industri Pangan, Pertanian dan Kelautan, Informasi dan Telekomunikasi, Industri Perhubungan dan Transportasi, Industri Permukiman, Jasa Konstruksi dan Rancangan Bangunan, Industri Logam Dasar dan Kimia, Kelistrikan, SDA dan Lingkungan Hidup, Akreditasi dan Kemitraan Perguruan Tinggi, dan Pertambangan dan Migas.

Sesuai rencana, disela-sela MOU dimaksud, akan dilakukan pelantikan Pengurus Persatuan Insinyur Indonesia Cabang Kupang, periode 2018-2021 oleh Ketua Umum Pengurus Pusat PII, Dr. Ir. Heru Dewanto. Sejumlah pengurus inti PII Cabang Kupang adalah, Ketua Dr. Ir. Andre W. Koreh, MT, Sekertaris Dr. Ir. Andi Hidayat Rizal,MT, dan Bendahara Luhut Manalu, ST.,MT.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00