• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

BMKG : Pertumbuhan Awan Hujan Aktif Merata, Kecuali di Sumatera

22 January
18:23 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Mulyono Rahadi Prabowo menyebut potensi pertumbuhan awan masih aktif dan merata di wilayah di Indonesia.

Dengan begitu, dalam melihat perkembangan saat ini, potensi hujan lebat di beberapa wilayah masih memungkinkan terjadi. Namun, fluktuatif harian dalam periode mereda, relatif saat ini mereda dibandingkan beberapa waktu lalu.

"Cukup merata, cuma fluktuatif harian yang membedakan kondisi musim hujan," ungkap Mulyono Rahadi Prabowo kepada Pro3 RRI, Rabu (22/1/2020).

Yang merata kata Mulyono adalah di Pulau Jawa, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Untuk Sumatera hanya terpantau di wilayah pantai Sumatera, terutama Sumatera Barat.

"Ada juga di tengah dan timur yang cukup aktif pertumbuhan awan dan hujannya. Jami hingga ke Sumatera Selatan," ujarnya.

Menurutnya hingga Februari masih dalam periode puncak musim hujan. Untuk itu dia berharap masyarakat terus meningkatkan kewaspadaannya. 

"Bicara puncak musim hujan memang tidak semua yang masuk di Januari ada yang di Februari. Tren masih terus menaik, tapi kalau potensi sekuat di tahun baru tidak akan ada lagi. Umumnya hujan terjadi pada sore dan malam hari," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00