• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Tersumbatnya Saluran Irigasi DAS Cimanuk, Penyebab Banjir di Bayongbong Garut

22 January
19:00 2020
0 Votes (0)

KBRN, Garut : Tersumbatnya Daerah Aliran Sungai (DAS) Cimanuk Garut oleh timbunan lumpur dan tanah akibat hujan deras dengan intensitas tinggi menjadi salah satu paktor penyebab banjir dan longsor di Desa Panembong Kecamatan Bayongbong Garut.

"Kami masih menunggu bantuan alat berat dari dinas PUPR Pemkab Garut untuk mengevakuasi ribuan meter kubik lumpur,tanah dan sampah yang menimbun dan telah menyumbat saluran air di DAS Cimanuk hingga menyebabkan air meluap serta  banjir ke sejumlah lokasi pemukiman warga," ujar Camat Bayongbong Santri, Rabu (22/1/2020).

Untuk sementara aliran air sungai dari DAS Cimanuk yang mengalir dari hulu sungai dikawasan Gunung Papandayan Cisurupan tersebut  di alihkan ke parit parit yang juatru menimbulkan persoalan baru yaitu banjir ke sejumlah ruas jaan utama.

"Akibat tidak sanggup menampung derasbya  air dari DAS tersebut maka parit itu meluap ke badan jalan dan memperparah banjor diwilayah setempat," ujarnya.

Sementara untuk mengevakuasi timbunan tanah dan lumpur tidak bisa dilakukan secara manual tetapi harus menggunakan akat berat.

"Kami berharap bantuan alat berat dari pemkab Garut segera direalisasikan sebelum terjadi banjir susulan ditengah tingginya intensitas curah hujan tinggi," katanya.

Sedangkan longsor yang terjadi di Desa Panembong yang sempat menutup akses jalan desa Menurut Kades Penembong Kecamatan Bayongbong Yanto Kriswanto, kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua.

"Kami juga telah mengevakuasi sejumlah warga yang rumahnya terancam longsor ke tempat lebih aman untuk menghindari longsor susulan," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00