• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Datangi Lokasi Bencana di Samarinda, Kepala BMKG Sempatkan Tinjau Ibu Kota Baru

22 January
19:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meninjau lokasi terdampak banjir di Kecamatan Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur, Rabu (22/1/2020).

Doni mengunjungi korban yabg lahan pertaniannya mengalami gagal panen seluas 81 hektare akibat bencana ini.

Ia menuturkan, untuk mengatasi banjir harus dilakukan normalisasi sungai agar air dapat mengalir ke sungai dengan normal dan tidak melanda lahan pertanian dan permukiman warga.

"BNPB bersama Dinas Bina Marga dan Cipta Karya akan melakukan normalisasi dibeberapa titik sungai, agar aliran menuju sungai yang tersumbat akan kembali lancar,” ujar Doni, Rabu (22/1/2020).

Pada kesempatan ini, BNPB memberikan bantuan dana siap pakai untuk penanganan darurat bencana banjir di kota Samarinda sebesar Rp500 juta rupiah.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB, Agus Wibowo mengatakan Pemkot Samarinda telah menetapkan Status Siaga Darurat Bencana Banjir sejak Kamis pekan lalu (16/1/2020).

“Setelah meninjau lokasi banjir, Kepala BNPB beserta Gubernur Kalimantan Timur akan melakukan rapat kordinasi serta meninjau calon ibu kota baru yang juga berada di Kalimantan Timur,” ujar Agus.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00