• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Melihat Persiapan Klenteng Tertua di Bekasi Menyambut Tahun Baru Imlek

22 January
22:22 2020
0 Votes (0)

KBRN, Bekasi : Klenteng Hok Lay Kiong di Jalan Kenari, Kecamatan Bekasi Timur, Kota Bekasi, mulai melakukan persiapan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2571, pada tanggal 25 Januari 2020 mendatang.

Ada beberapa persiapan yang dilakukan pengurus klenteng tertua di Kota Bekasi ini. Klenteng Hok Lay Kiong diperkirakan usianya 350 tahun lebih. 

"Persiapannya dari kemarin kita sudah bersih-bersih kleteng, patung Dewa juga sudah dibersihkan, terus dinding kita cat lagi semua secara bertahap. Lampion juga sudah pada dipasang," kata Ketua Yayasan Pancaran Tridharma, Ronny Hermawan, Rabu (22/1/2020).

Lampion yang dipasang memiliki nama para penyumbang. Di klenteng ini juga banyak terdapat lilin besar, sumbangan dari umat. Kenapa lampion dan lilin?.

"Lampion dan lilin itu lentera. Harapannya tahun kedepan diberikan penerangan. Layaknya orang menyalakan lentera atau lilin di malam hari," kata mantan anggota DPRD Kota Bekasi tersebut.

Pengurus Klenteng Hok Lay Kiong lanjut Ronny, sudah memberikan himbauan kepada umat, agar melewatkan malam Tahun Baru Imlek dengan cara sederhana, bersahaja dan lebih banyak bersyukur.

Sebetulnya kata Ronny, perayaan pergantian Tahun Baru Imlek itu bukan perayaan agama. Ini merupakan pergantian tahun kalender bulan, atau Lunar Calendar.

"Tetapi kenapa dihabiskan di tempat ibadah, karena di tempat ibadah kita bisa berdoa, kita bisa kontemplasi, introspeksi sekaligus juga bersyukur atas tahun yang sudah kita jalanin," terangya.

"Semoga di tahun tikus (logam), ada harapan yang lebih baik lagi, masyarakat lebih maju, lebih baik, sejahtera dan lebih sehat," tambahnya.

Pada pagi hingga malam pergantian Tahun Baru Imlek, diperkirakan ada 10 ribu lebih umat yang akan beribadah di Klenteng Hok Lay Kiong. Mereka berasal dari Bekasi dan sekitarnya.

"Yang beribadah datang secara bergantian, sejak pukul 06.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB. Tahun 2020 ini pada perayaan Imlek, kami mengusung tema keragaman budaya akan memperkuat persatuan dan kesatuan NKRI," tutup pria yang juga menjabat sebagai Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bekasi tersebut.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00