• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Budaya dan Wisata

Pesona Kulong Biru di Pulau Bangka, Destinasi Wisata Baru

23 January
00:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Nibung Koba : Kepulauan Bangka Belitung (Babel) sudah tersohor lebih dahulu dengan keindahan pantainya. Namun ternyata, bukan sekedar keindahan pantai saja yang bisa dinikmati saat liburan di Bumi Serumpun Sebalai.

Sebagai daerah penghasil biji timah, sebenarnya Pulau Bangka banyak menyisakan lubang-lubang besar menganga bekas galian tambang. Dalam bahasa Bangka masyarakat setempat menyebut lobang-lobang eks tambang timah sebagai Kulong.

Dan di antara ratusan ribu lubang yang ada, oleh tangan-tangan kreatif banyak yang diubah menjadi obyek wisata menarik.

Salah satunya adalah obyek wisata Kulong Biru di Desa Nibung, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, yang berjarak 70 kilometer dari Kota Pangkalpinang atau dapat ditempuh kurang lebih 1,5 jam perjalanan.

Saat dikunjungi RRI, Kulong Biru nampak ramai oleh wisatawan yang penasaran ingin melihat langsung keindahannya.

Ratmi, salah seorang wisatawan asal Jakarta yang mengunjungi Kulong Biru bersama keluarga, coba mengisahkan bahwa dirinya mengetahui tentang Kulong Biru dari media sosial. Dari situ ia tertarik, kemudian berniat mengajak keluarganya untuk datang ke Kulong Biru yang katanya memiliki air sebiru langit.

"Saya tau dari medsos. Saya lihat luar biasa keindahannya. Airnya biru mengkilap, dihias hamparan tanah putih gini, dan setelah datang ke sini lihat langsung, woowwww...langsung deh jepret-jepret aja kamera gak berhenti dari tadi," kata Ratmi antusias, Rabu (22/1/2020).

Lain halnya dengan wisatawan asal Kota Sungailiat, Fandi yang datang bersama rekan-rekan kuliahnya. Ia mengaku sudah 7 (tujuh) kali mengunjungi Kulong yang indah ini. Menurut Fandi, Kulong Biru ini harus benar-benar dikelola dengan baik, dipromosikan dengan gencar, agar bisa dikenal, sehingga wisatawan dari luar daerah bahkan mancanegara tertarik untuk berkunjung. 

"Ini kebanggaan menurut saya, Bangka Tengah beruntung memiliki obyek wisata seindah ini. Harus dipromosikan secara masif. Karena layak sekali jadi andalan wisata Bangka Belitung," ucap Fadli.

Kulong Biru sendiri ukurannya cukup luas karena merupakan bekas tambang timah besar dengan diameter mencapai kurang lebih 100 meter dengan kedalaman lebih dari 25 meter.

Sekeliling Kulong Biru dibalut tanah berwarna putih terang bak salju dan memiliki lekuk indah yang menambah kekaguman siapa pun untuk tak henti memandanginya. Kulong ini jernih berwarna biru karena disebabkan sifat kaolin yang merupakan mineral tanah liat murni.

Jadi bila berkesempatan bertandang ke Pulau Bangka, jangan sampai melewatkan kesempatan melihat pesona Kulong Biru.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00