• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

Cari KLM Panji Saputra, Basarnas Kerahkan Kekuatan Udara dan Laut

23 January
08:40 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Badan SAR Nasional (Basarnas) dan tim gabungan mengerahkan kekuatan udara dan laut untuk mencari keberadaan Kapal Layar Motor (KLM) Panji Saputra. Kapal yang bermuatan puluhan drum BBM jenis avtur itu dilaporkan telah hilang kontak di perairan Ambon, Maluku beberapa waktu lalu.

Kepala Basarnas Ambon, Muslimin mengatakan, pada hari ke-6, pihaknya melakukan pencarian sejak pukul 08.00 WITA tadi pagi.

"Hari ini operasi SAR dilaksanakan sejak pukul 8 pagi tadi," katanya dalam wawancara dengan Radio Republik Indonesia, Kamis (23/1/2020).

Perlu diketahui, selain mengangkut puluhan drum avtur, kapal itu juga mengangkut enam orang.  Mereka terdiri dari empat ABK dan dua penumpang.

Sejauh ini tim pencari sudah menemukan 8 buah drum avtur, kursi milik KLM Panji Saputra, penutup dek kapal, tas yang berisi beberapa pakaian dinas Pakaian Dinas Lapangan (PDL) atas nama Serda Aswandi Ali, dan beberapa dokumen milik korban serta sejumlah uang. Barang-barang itu ditemukan di perairan sekitar Pulau Tayando. 

Maka dari itu, Muslimin menekankan proses pencarian akan difokuskan di sekitar perairan tersebut. Demi hasil pencarian yang lebih komprehensif, pihaknya bahkan melibatkan kapal-kapal milik nelayan.

"Kalau dari udara untuk pagi hari ini digunakan satu unit pesawat CN235 milik TNI AL dan unsur laut ada beberapa KLM dan kapal-kapal nelayan yang dipersiapkan untuk membantu menyisir pencarian pantai Pulau Tayando, mengingat untuk akses kapal yang agak besar sulit menjangkau pesisir," pungkasnya. (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00