• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Siswa SMKN 2 Tasikmalaya Ciptakan Tangan Robot

23 January
11:49 2020
2 Votes (5)

KBRN, Tasikmalaya : Alwan Hanif Ramadhan, siswa kelas 10 SMKN 2 Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, berhasil menciptakan lengan robot untuk membantu disabilitas.

Ide alwan ini, muncul saat melihat teman disabilitasnya yang ingin memiliki tangan palsu, namun tidak mampu membeli dikarenakan harganya mahal.

"Di pasaran harganya mahal, bisa puluhan ribu dollar, " kata Alwan kepada Radio Republik Indonesia RRI, Kamis (23/1/2020).

Kondisi tersebut membuat Alwan berpikir keras. Ia kemudian melakukan riset, bagaimana membuat lengan palsu dengan biaya yang murah.

"Awalnya saya memikirkan bahan. Tangan palsu yang diluar berbahan logam. Selain mahal, pasti juga berat," jelasnya.

Kemudian, Ia mendapat ide membuat bahan tangan robot dari plastik PLA dan TPU.

"Bahannya kuat, tapi lentur dan fleksibel," ucap Alwan.

Setelah menemukan bahan baku lengan robot, Alwan kemudian membuat sensor untuk tangan robot ini. Ia memilih untuk membuat tangan ini menggunakan sensor tekanan (FSR).

"Gerakannya diperintahkan melalui chip Arduino Nano dengan suplai tenaga dari power bank. Chip ini bisa dipasang dimana saja, karena ukurannya kecil. Tapi saya sarankan ditempatkan dibawah jempol kaki," katanya.

Tangan robot yang memiliki fungsi menggenggam dengan bobot kekuatan hingga 4 kilogram ini, juga memiliki fungsi kapasitif. Fungsi ini bisa dipergunakan untuk mengoprasikan ponsel layar sentuh.

"Tangan ini juga memiliki sensor suhu dan tahan air," tambah Alwan.

Tangan robot yang dibuat kurang dari dua bulan dan menghabiskan dana tidak lebih dari 35 dollar ini, sudah ditampilkan di berbagai event.

"Peringkat kelima dalam ajang National Young Inventor Award 2019 dengan kategori Special Award International Exhibition for Young Inventor 2019 di Taiwan. Serta berpartisipasi dalam Indian ASEAN Grass Roots Inovation di Filipina," kata Alwan

Lengan robot yang diciptakan oleh Alwan ini, juga menarik perhatian CEO MHomecare, perusahaan yang bergerak di bidang penyedia alat kesehatan untuk memproduksi alat tersebut.

"Mudah- mudahan bisa membawa manfaat baik, terutama bagi disabilitas," harap Alwan.

Kepala Sekolah SMKN 2 Tasikmalaya Wawan mengatakan, inovasi ini merupakan keberhasilan siswa atas apa yang didapat di sekolah. Pihak sekolah tentunya kata Wawan, akan terus mendukung pengembangan ciptaan ini.

"Ini keberhasilan bersama yang terlibat dalam pembuatan lengan robot ini," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00