• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Tanggap Bencana

2.490 Hektar Sawah di Aceh Besar Terancam Gagal Panen

23 January
12:17 2020
0 Votes (0)

KBRN, Aceh Besar : Ribuan hektar sawah di Kabupaten Aceh Besar terancam gagal panen akibat bencana kekeringan melanda wilayah ini dalam satu bulan terakhir. 

"2.490 hektar sawah yang sudah diprediksi gagal panen. Tapi kita juga berupaya melakukan pembagian air dari irigasi,"  kata Bupati Aceh Besar Mawardi Ali usai menghadiri shalat istisqo bersama ratusan warga di Desa Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar, Kamis (23/1/2020). 

Baca juga : Kekeringan Landa Aceh Besar, Warga Shalat Istisqo  

"Kalau tidak cukup mudah-mudahan bisa hujan dalam beberapa hari ke depan. Jikapun gagal, berapa kerugian petani Insya Allah pemerintah akan menanggulanginya,” harapnya. 

Mawardi menyebutkan, kekeringan diperparah karena kondisi waduk dan embung yang ada di sejumlah titik di Kabupaten Aceh Besar debit air kian menyusut. 

"Kerusakan yang terjadi di aliran irigasi sudah diperbaiki dah bersihkan. Akan tetapi karena debitnya kurang, sehingga air juga berkurang. Sumbernya kurang, membuat waduk-waduk kita itu level airnya turun,” sebutnya. 

Selain itu, ujar Mawardi, upaya yang dilakukan Pemkab Aceh Besar juga menambah pompa-pompa air ke wilayah yang terdampak kekeringan. 

"Namun demikian kita memastikan juga wilayah yang kita sebar pompa air itu tersedia sumber airnya," terang Bupati. 

Sementara sejumlah wilayah yang mengalami kekurangan air bersih, Bupati menambahkan, pihaknya akan mengerahkan mobil tangki ke lokasi wilayah terdampak agar warga tercukupi air bersih. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00