• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Pola Hidup Bersih, Kunci Terhindar dari Virus Corona

23 January
13:52 2020
0 Votes (0)

KBRN, Malang: Penyebaran virus Corona di sejumlah negara Asia meresahkan masyarakat, tak terkecuali di Indonesia. Virus tersebut hampir serupa dengan pneumonia yang menyerang saluran pernafasan. Pola hidup bersih menjadi salah satu kunci agar terhindar dari virus tersebut. 

Hal tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul Muarif. Menurutnya, rajin mencuci tangan sebelum dan sesudah makan merupakan hal yang sepele. Namun, hal itu ternyata berdampak besar pada kesehatan.

“Prinsipnya perilaku hidup bersih dan sehat. Biasakan cuci tangan, baik sebelum ataupun sesudah dari toilet, makan, serta cuci tangan setelah menyentuk barang-barang dari tempat umum,” kata Husnul, Kamis (23/01/2020).

Selain itu, jika ada warga yang mengalami gejala batuk, pilek, ataupun demam tinggi, diimbau untuk segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan terdekat. “Bisa ke rumah sakit, klinik, atau puskesmas. Petugas siap memberikan layanan, upaya sosialisasi soal apa itu virus Corona juga diajukan di pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Ia menambahkan, virus Corona ini dapat menyebabkan gangguan di saluran pernafasan khususnya yang dekat dengan paru-paru. Gejalanya, batuk mulai 3-7 hari, diikuti dengan rasa tidak enak di tenggorokan, serta suhu badan naik. “Gejalanya juga disertai rasa tidak enak di badan. Waspadai gejala-gejala yang muncul,” tegasnya. (Foto: Antara)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00