• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Politik

Muslim Ayub : Tempat Kongres PAN Harus Dievaluasi

23 January
15:15 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Muncul penolakan atas penetapan tempat pelaksanaan Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN) tahun 2020, yang direncanakan akan diselenggarakan di salah satu kota di Provinsi Sulawesi Tenggara. Dimana banyak kader menilai bahwa disana bukanlah tempat yang repsentatif.

Politisi PAN, Muslim Ayub mengaku menentang keras keras keputusan Ketua Umum Zulkifli Hasan tersebut. Sebab menurut dia, jumlah hotel yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara, sebut saja di Kota Kendari belumlah cukup untuk menampung peserta Kongres.

"Berapa sih jumlah hotel disana, Bintang 5 saja hanya satu, selebihnya Bintang 3 dan Bintang 2, itu tidak bisa menampung ribuan kader PAN yang hadir dalam Kongres," kata Muslim kepada wartawan di Jakarta, Kamis (23/1/2020).

Apalagi, lanjut mantan Anggota Komisi III DPR RI ini, akses penerbangan menuju Kendari cukup sulit. Contohnya bagi dia yang tinggal di Aceh harus tiga kali transit untuk sampai di Kendari.

Muslim menilai, Zulhas dan Panitia Kongres jangan mempersulit kader untuk hadir dalam "pesta" lima tahunan partai tersebut karena kader PAN dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Papua akan kesulitan menghadiri kalau Kongres dilaksanakan di Kendari.

"Belum lagi dari Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Papua, mereka juga akan sangat kesulitan mendapatkan mendapatkan penerbangan ke Kendari," tandasnya.

Ditegaskanya lagi, Kendari belum layak untuk dijadikan sebagai Tuan Rumah Kongres partai sebesar PAN. Hal itu bahkan diakui oleh mantan Gubernur Sulawesi Tenggara sendiri.

"Mantan Gubernur Sulawesi Tenggara mengatakan kepada saya bahwa Kendari belum layak dijadikan tempat penyelenggaraan even politik sekelas Kongres PAN," tekannya.

Yang tak kalah pentingnya, lanjut Muslim, adalah mekanisme penentuan lokasi dan tanggal Kongres. Dia menilai penentuannya hanya dilakukan secara sepihak. Sebab, tidak dibahas terlebih dahulu dalam mekanisme internal partai.

Kalau perlu, lanjut dia, semua calon calon Ketum PAN yang akan ikut kontestasi diundang untuk duduk bersama dalam menentukan lokasi dan tanggal Kongres.

Jika hal itu dilakukan, diyakininya bahwa lokasi Kongres pastilah bakal lebih netral. Lokasi Kongres yang netral maksud dia adalah bukan di daerah basis pendukung salah satu Caketum. Atau bukan tempat yang tempat asalnya Mulfachri Harahap, Lampung asal Zulkifli Hasan, dan Batam tempat asal Asman Abnur.

"Lalu Yogyakarta karena ada Amien Rais, ada banyak lokasi lain yang bisa dijadikan lokasi Kongres misalnya Jawa Barat, Sulawesi Selatan dan Jakarta sehingga jangan di Kendari," imbuhnya.

Dia pun mendesak pimpinan partai untuk mengubah lokasi pelaksanaan Kongres V PAN.

"Jangan demi kepentingan pribadi lalu mengorbankan semua kepentingan bersama," pungkasnya. (Foto : Istimewa)

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00