• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Shinkenjuku Akan Selenggarakan Olimpiade Matematika Tingkat Nasional

23 January
16:17 2020
0 Votes (0)

KBRN,  Jakarta : Lembaga Bimbingan belajar (Bimbel) khusus matematika, Shinkenjuku akan mengadakan kejuaraan matematika tingkat nasional untuk yang ketiga kalinya atau "The 3rd Shinkenjuku Math Championship".

Ketua Panitia Kejuaraan Matematika Shinkenjuku  Basir Jovan mengakui banyak anak memiliki tingkat literasi yang lemah akan mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal-soal matematika.

"Dari hasil kejuaraan matematika sebelumnya, diketahui sebagian besar anak-anak yang menjadi peserta mengalami kesulitan dalam memahami soal matematika yang diberikan," ujar Jovan dalam konferensi pers di Gedung Tamara, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Kamis (23/01/2020).

Menurut Jovan,  kesulitan dalam memahami itu ditunjukkan dengan beberapa soal matematika yang mayoritas jawabannya tidak tepat. Selain itu,  sebagian besar anak Indonesia, mengalami kesulitan saat mengerjakan soal cerita pada matematika.

"Ada kaitannya antara kemampuan membaca dengan kemampuan numerasi anak," ungkapnya. 

Oleh karena itu, baik literasi maupun numerasi harus berjalan beriringan, karena keduanya dibutuhkan oleh anak. 

"Jika dilihat matematika sebagai alat untuk memecahkan masalah sosial, maka literasi sangat penting untuk memetakan numerasi itu sendiri," kata Jovan. 

Sementara itu,  Direktur Benesse Indonesia Tatsunosuke Suzuki mengatakan hal terpenting dalam mempelajari matematika adalah memahami konsepnya sehingga anak dapat menemukan jawaban dengan berbagai cara guna melatih anak berpikir kreatif.

"Kami melatih anak-anak agar dapat memahami masalah, mencari cara, menghitung, dan memeriksa kembali. Selain itu yang paling penting adalah mempelajari matematika dengan menyenangkan," ujar Suzuki.

Di sisi lain, Presiden Direktur Shinkenjuku, Keiko Toyoizumi mengatakan kejuaraan ini guna mengasah keterampilan berhitung peserta didik Shinkenjuku.

"Kegiatan ini dipersiapkan untuk sarana mengasah dan mengukur keterampilan berpikir tingkat tinggi anak-anak Shinkenjuku," kata Presiden Direktur Shinkenjuku, Keiko Toyoizumi

Keiko menyebut olimpiade ini bakal diikuti oleh seluruh peserta didik di setiap cabang Shinkenjuku.  Para unggulan setiap cabang, bakal diadu dalam babak final. 

Pihaknya percaya, olimpiade ini akan semakin mematangkan daya pikir anak-anak.  Tujuan itu sejalan dengan harapan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim.

"Sebagai bimbingan belajar khusus matematika, kami sudah lebih dulu memperkenalkan soal daya nalar tinggi melalui materi ajar pilihan untuk generasi emas Indonesia," jelas Keiko. 

Kegiatan ini rutin digelar dua kali dalam setahun. Pada tahun 2020 ini, kegiatan dilaksanakan pada 18 dan 26 Januari.

Shinkenjuku menargetkan dalam lima tahun ke depan anak-anak akan memiliki daya nalar tinggi jika terus dipacu pembelajaran dan perlombaan.  Menurutnya, dengan meningkatkan kemampuan kritis, prestasi anak-anak pada dunia akademik juga akan meningkat. (RH) 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00