• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Target Hadirkan Program Profesi Insinyur di Undana Tuntas Tahun 2020

23 January
17:33 2020
1 Votes (5)

KBRN, Kupang : Badan Pengurus Cabang Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Kupang menargetkan pembukaan program studi Profesi Insinyur di Nusa Tenggara Timur pada Tahun 2020 harus berjalan, untuk mendukung tenaga professional Insinyur pada sepuluh Bidang Ilmu.

Target Badan Pengurus Cabang Persatuan Insinyur Indonesia Kupang Membuka program studi Profesi Insinyur di Nusa Tenggara Timur pada Tahun 2020, secara tegas disampaikan Ketua PII Kupang Dr. Ir. Andre Koreh, usai dilantik bersama seluruh anggota Badan Pengurus lainnya oleh Ketua Persatuan Insinyur Indonesia Pusat Dr. Ir. Heru Dewanto di Kota Kupang, Kamis (23/01/2020).

Menurut Andre Koreh, untuk mencapai target tersebut Pengurus PII Cabang Kupang akan merekognais atau mengidentifikasi semua Insinyur di NTT, untuk mendapatkan insinyur professional minimal enam orang. Apabila enam professional insinyur sudah ada di Kupang, maka Persatuan Insinyur Indonesia akan mempercepat kerjasama dengan Undana, untuk menyelenggarakan Program Studi Profesi Insinyur di NTT.

“Ya sekarang kita tinggal menunggu ijin dari Kementerian Pendidikan, untuk Undana boleh mendapat ijin melaksanakan program pendidikan Insinyur. Waktunya, tentu secepatnya karena kita punya target tahun ini program profesi insinyur ini harus segera jalan. Nah oleh karena itu, proses-proses administrasi yang menjadi bagian dari regulasi harus kita penuhi. Kenapa, karena kita masih membutuhkan Insinyur-Insinyur Profesional yang jumlahnya sedikit, tetapi dibutuhkan legitimasi akibat dari adanya Undang-Undang Insinyur itu,” ungkap Ketua PII Cabang Kupang Andre Koreh disela-sela Pelantikan Pengurus PII Cabang Kupang periode 2018-2021 di Kota Kupang, Kamis (23/01/2020).

Menanggapi Rencana dibukanya Program Studi Profesi Insinyur, Rektor Undana Kupang Prof. Fredrik L. Benu mengapresiasi Persatuan Insinyur Indonesia membangun kerjasama membuka Program Studi Profesi Insinyur. Undana telah membuka diri dan siap menjadi penyelenggara, untuk menunjung program profesi lainnya di Undana Kupang saat ini yakni, Profesi Kedokteran Umum, Kedokteran Hewan, dan Pendidikan.

“Sekarang dunia ini menuntut kita untuk menghasilkan tenaga-tenaga SDM yang professional. Dan yang professional itu tidak cukup serjana saja. Tetapi dia harus mengikuti pendidikan profesi baru disebut professional,” tegas Rektor Undana Prof. Fred Benu di Kupang.

“Dan kita di Undana ini kita juga diwajibkan untuk menyelenggarakan pendidikan profesi untuk menghasilkan SDM yang professional. Jadi saya udah memikirkan beberapa saat yang lalu untuk membuka pendidikan profesi untuk program keinsinyuran. Dan kita bersyukur bahwa Persatuan Insinyur Indonesia berkenan untuk menjalin kerjasama, dan kita akan mengikuti semua prosedur sesuai dengan Permenristek nomor 35 tahun 2016 untuk membuka satu program studi Profesi Keinsinyuran di Universitas Nusa Cendana Kupang,” tegasnya lebih lanjut.

Program Profesi Insinyur yang segara dibuka di Undana Kupang, akan memprogramkan sepuluh bidang yakni Industri Pangan, Pertanian dan Kelautan, Informasi dan Telekomunikasi, Industri Perhubungan dan Transportasi, Industri Permukiman, Jasa Konstruksi dan Rancang Bangun, Industri Logam Dasar dan Kimia, Kelistrikan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup, Akreditasi dan Kemitraan Perguruan Tinggi, Pertambangan dan Migrasi.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00