• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sorotan Kampus

Sandiaga: Sektor Pendidikan, Kunci Tumbuhkembangkan Semangat Kewirausahaan

23 January
19:54 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Founder Program OK OCE, Sandiaga Uno mengatakan, sektor pendidikan dapat mengambil peran dalam menumbuhkan semangat kewirausahaan dan program penciptaan lapangan pekerjaan berbasis kewirausahaan.

Hal tersebut disampaikan Sandiaga saat menjadi pembicara dalam Management and Business Conference (MBC) bertema Enterpreneurship dalam Era Digital yang digelar Program Pascasarjana Universitas Mercu Buana di Kampus Meruya, Jakarta Barat, Kamis (23/1/2020). 

"Kunci kita bisa membangun perekonomian yang kuat adalah kemampuan kita untuk menciptakan lapangan kerja. Di situ bisa diperankan sektor pendidikan dengan menebar semangat kewirausahaan dan program-program pencipta lapangan kerja berbasis kewirausahaan," terang Pendiri Saratoga Group ini. 

Ia meyakini jika semangat kewirausahaan terus digelorakan di kalangan generasi muda, enterpreneurship di Indonesia akan kembali mengalami peningkatan sebesar 5 persen.

Menurutnya, tantangan-tantangan ekonomi yang dihadapi pada tahun 2020 ini akan menjadi satu peluang menguntungkan jika disambut dengan semangat kewirausahaan.

"Sebagai sebuah katalis, enterpreneurship ini akan mengangkat kesempatan para UKM-UKM kita, para pengusaha-pengusaha pemula untuk bisa naik kelas," ujar Sandiaga Uno.

Sementara Rektor Universitas Mercu Buana, Prof Ngadino Surip dalam sambutannya mengatakan, perguruan tinggi perlu dilibatkan dalam pengembangan dan penerapan teknologi digital.

"Materi yang dibagikan para dosen ke mahasiswa UMB adalah entrepreneurship sebagai pengetahuan dan juga sebagai keterampilan," ungkapnya. 

Rektor menjelaskan, di setiap sesi seminar, UMB konsisten mendatangkan praktisi bisnis untuk berbagi pengalaman mereka demi meningkatkan wawasan dan keterampilan mahasiswa Pascasarjana UMB.

Selain Sandiaga Uno, tampil sebagai pembicara dalam seminar manajemen dan bisnis ini Dr Fauzi Hasan CWM, Presiden AAPM Indonesian Chapter.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00