• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Ekonomi

Sektor Pendidikan dan Kesehatan Berpotensi Raup Pasar Startup Besar

23 January
19:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memprediksi dalam waktu 5 (lima) tahun ke depan, sektor pendidikan dan kesehatan akan menjadi pasar potensial bagi pelaku industri kreatif startup.

Deputi akses permodalan Kemenparekraf Fadjar Hutomo mengatakan, kedua sektor tersebut berpotensi meraup pasar yang cukup tinggi sebab keduanya masih menjadi permasalahan terbesar di Indonesia.

"Persoalan terbesar negeri ini adalah edukasi dan kesehatan. Jadi, dari masalah yang terbesar itu akan muncul potensi startup atau mau bicara unicorn yang terbesar dari situ," kata Fadjar ditemui di Menara Digitaraya, Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (23/1/2020).

Fadjar lanjut menjelaskan, saat ini pihaknya tidak hanya melihat perusahaan startup yang telah menyandang status unicorn ataupun decacorn, melainkan berfokus pada pengembangan perusahaan startup itu sendiri.

"Buat kita itu tidak penting, tetapi yang paling penting adalah membangun ekosistemnya, yang paling bawah dari piramida startup yakni pondasinya," ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, pada pengembangan startup di Indonesia, akan ada banyak sekali tugas yang harus dikerjakan. Menurutnya, Indonesia harus memiliki banyak penggagas agar bisa memanfaatkan pasar yang besar.

"Indonesia harus punya banyak makers untuk berproduksi. Apa manfaatnya punya satu unicorn, market place besar, tetapi yang dihasilkan dan diperdagangkan di situ bukan produk kita," ungkapnya.

Sebelumnya Menteri Komunikasi dan Informatika, Johny G Plate menyebutkan bahwa Indonesia menjadi salah satu tanah yang subur untuk pertumbuhan startup.

Berdasarkan perhitungan peringkat startup, Indonesia menduduki urutan nomor lima di dunia dengan jumlah startup mencapai 2.193 di 2019 setelah Amerika Serikat, India, dan Kanada. Posisi Indonesia bahkan mengungguli negara-negara maju lain seperti Jeman, Australia, Perancis, dan Spanyol.

Indonesia tak hanya unggul dalam hal kuantitas tetapi juga tangguh dalam kualitas. Hal itu terbukti dengan munculnya empat unicorn dan satu decacorn di Indonesia.

"Valuasi pasar para decacorn dan unicorn Indonesia mendominasi dunia startup di kawasan Asia Tenggara," ujarnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00