• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Teknologi

Bukan McDonald Saja, Sekarang Sudah Ada Layanan SIM Drive Thru

24 January
05:30 2020
0 Votes (0)

KBRN, Semarang : Belanja makanan cepat saji menggunakan kendaraan, datang lalu pesan dan 2-3 menit makanan langsung diberikan lantas Anda kembali memacu mobil, sudah jadi tren sejak lama. Tapi bagaimana ceritanya jika proses yang sama diterapkan pada pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM)?

Warga Kabupaten Batang dan sekitarnya kini semakin mudah jika ingin memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM), karena sudah ada layanan baru berupa SIM Drive Thru.

SIM Drive Thru ini di-launching oleh Menteri PAN RB Tjahyo Kumolo dan disebut sebagai yang pertama di Jawa Tengah. Lokasinya berada di Mall Pelayanan Publik (MPP) kantor Dinas Penanaman Modal Perizinan dan Pelayanan Terpadu (DPMPPT) Kabupaten Batang. 

"Layanan ini kali pertama di Jawa Tengah dan kedua di Indonesia setelah Jawa Timur," kata Kasat Lantas Polres Batang AKP Doddy Triantoro, di sela launching SIM Dhrive Thru, Kamis (23/1/2020).

Kasat Lantas menerangkan, SIM Dhrive Thru ini untuk melayani masyarakat yang ingin memperpanjang SIM A atau C. Warga bisa mengurus perpanjangan SIM-nya tanpa harus jauh-jauh dari motor atau mobil yang dikendarainya.

Untuk perkiraan waktu pelayanan, Doddy menyebut hanya butuh sekitar 5 menit. Prosesnya, warga yang ingin memperpanjang SIM bisa langsung masuk ke lokasi dengan mengendarai motor atau mobilnya. Ada jalur yang telah ditandai untuk mengarahkan ke loket pelayanan.

"Jalurnya dibuat sedemikian rupa, sehingga tidak membuat repot warga. Setelah bayar bank selesai, pengaju perpanjangan SIM akan difoto. Tunggu sebentar langsung jadi dan melanjutkan perjalanan kembali, jadi lebih mempersingkat waktu," tandasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00