• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Ini Kata Praktisi Hukum Soal Bupati Menunda Pelantikan Kades

23 January
20:46 2020
0 Votes (0)

KBRN, Situbondo : Bupati Situbondo, Jawa Timur, Dadang Wigiarto akhirnya melantik Kepala Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar, Syamsuyono, Kamis (23/1/2020). Pelantikan yang sempat tertunda karena penyebab yang tidak diketahui itu, sempat dipertanyakan oleh sejumlah pendukung kepala desa terpilih. 

Menurut praktisi hukum asal Situbondo, Jayadi, tidak ada alasan hukum untuk menunda pelantikan terhadap Syamsuyono.

"Tidak ada alasan yang dibenarkan hukum. Secara hukum tidak ada menunda pelantikan," tegasnya kepada RRI.

Ia mencontohkan, dua orang kepala desa di Malang, yang tetap dilantik saat kasus dugaan korupsi bergulir di pengadilan tipikor. Setelah dilantik, mereka dikembalikan ke bui untuk menjalankan proses hukum. "Ini kasus korupsi, sementara Syamsuyono perdata yang sifatnya privat," ujarnya.

Ia menilai, Bupati tidak konsisten menjalankan aturan yang dibuatnya sendiri, yaitu Perbup Nomor 19 tahun 2019, yang berbunyi, bilamana ada keberatan dalam hal yang berkaitan tentang pilkades maka tidak menghalangi terhadap pelantikan bagi kepala desa terpilih yang sudah diusulkan dan ditetapkan.

"Saya tidak mau bilang Bupati menabrak aturan. Hanya saja pertanyaan saya, kenapa Bupati tidak melantik Syamsuyono bersama dengan 115 kepala desa lainnya pada akhir Desember 2019," ujar pria yang berprofesi sebagai pengacara ini.

Bahkan menurutnya, Bupati tidak konsisten, karena telah melantik Syamsuyono. Seharusnya Bupati tidak melantiknya dan menunggu kasusnya berkekuatan hukum tetap atau incraht.

"Kalau Bupati konsisten, sekalian jangan dilantik, menunggu incraht, biar amburadul sekalian," ujarnya dengan nada kesal.

Berdasarkan pengamatan RRI, kemelut atau aduan dari pihak yang kalah masih berlanjut di Pengadilan Negeri setempat. Dan apabila di kemudian hari terdapat kekeliruan dan perkara dimenangkan oleh pihak yang kalah, maka Bupati akan melantik pelapor.

Diinformasikan RRI sebelumnya, Bupati Dadang Wigiarto, gagal melantik Kepala Desa Kumbangsari, Kecamatan Jangkar. Semestinya, Syamsuyono, kepala desa terpilih pada pilkades serentak yang dilaksanakan 23 Oktober 2019, dilantik bersama dengan 115 kepala desa lainnya pada 30 Desember 2019.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00