• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Info Publik

Heboh Virus Corona, Jaga Kondisi Tubuh dengan Minum Lempuyang

23 January
21:35 2020
1 Votes (5)

KBRN, Jakarta : Isu penyebaran virus Corona mendadak menjadi kekhawatiran warga Jakarta usai salah satu pegawai di ibu kota dikabarkan terinveksi virus ini. Masyarakat pun bertanya-tanya adanya vaksin atau obat yang bisa menangkalnya.

Adapun salah satu tanda yang patut dicurigai tubuh tengah terinveksi virus adalah demam. Begitupula dengan gejala awal virus yang proses infeksinya membutuhkan waktu inkubasi di dalam tubuh.

Demam bisa diredakan dengan berbagai cara salah satunya dengan langkah tradisional, seperti mengkonsumsi obat herbal atau jamu.

Obat herbal memang dikenal sebagai salah satu solusi untuk meningkatkan imunitas dan kondisi tubuh, apalagi di saat musim penyakit dan munculnya isu virus Corona saat ini.

Bude Yuli, salah satu pedagang jamu yang laris di kawasan Mangga Besar, Jakarta Pusat mengaku belakangan banyak pembelinya yang bertanya soal jamu yang cocok untuk menjaga kondisi tubuh dari virus dan demam.

Ia menyarankan, salah satunya bisa dicoba dengan mengkonsumsi lempuyang emprit. Tanaman yang memiliki nama ilmiah zibinger amaricans ini memiki kandungan senyawa minyak atsiri yang bermanfaat untuk menurunkan panas.

“Banyak yang tanya jamu mana yang bisa jaga badan supaya fit, lagi musim penyakit aneh. Lempuyang emprit saya suka saranin ke pembeli. Saya biasa jual rebusannya,” kata Yuli kepada RRI, Kamis (23/1/2020).

Ia menjelaskan, bagian rimpang tanaman ini memiliki warnanya putih kekuningan dan diolah menjadi jamu. Soal rasanya, memang pahit.

“Sebelum dibuat jamu, umbi lempuyang ini dicuci bersih. Kira-kira pakai 10 gram umbi lempuyang emprit. Parut terus ditambah setengah gelas air panas, aduk rata,” ujarnya.

Setelah dingin, rebusannya diperas lalu ambil sarinya. Ia mengatakan bisa dicampur dengan dua sendok makan madu untuk mengurangi rasa pahitnya.

”Pakai madu biar ndak terasa pahit lalu diaduk rata. Bisa diminum tiga kali sehari. Selain itu, kunyit asem juga bagus Mas,” ucapnya.

Selain sebagai penurun panas, kunyit asam juga dikenal bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

“Kunyit asam ini bagus juga untuk antibakteri, ya semacam antibiotik lah. Kalau yang beli ngeluh batuk-batuk, pilek agak panas badan saya kasih saja kunyit asam juga pakai jahe,” tuturnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00