• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Kasus Pelecehan Seksual terhadap Anak Masih Mendominasi di Kabupaten Beltim

23 January
21:58 2020
0 Votes (0)

KBRN, Manggar : Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Belitung Timur (Beltim), Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Pada tahun 2020 ini fokus melanjutkan program kerja LPA dari 2019 lalu. Yaitu pendampingan kasus-kasus anak dan sosialisasi Undang - Undang (UU) Perlindungan Anak no 35 Tahun 2014.

Ketua LPA Beltim Imelda Handayani menuturkan, sosialisasi itu dilakukan ke desa-desa untuk mengedukasi masyarakat tentang Undang-Undang tersebut.

"Dengan adanya sosialisasi itu, masyarakat bisa mengetahui apa itu UU perlindungan anak, kemudian apa saja sanksi jika ada menemukan kasus terhadap anak. Karena di UU tersebut hak-hak anak sangat di utamakan," terangnya, kamis (23/1/2020).

Sementara, ketika ditanya terkait kasus apa saja yang sering terjadi pada anak di Kabupaten Beltim. Imelda mengungkapkan, pelecehan seksual terhadap anak masih mendominasi, seperti kasus pemerkosaan dan sodomi.

"Tahun 2019 ada sekitar 8 kasus, mudah-mudahan tahun 2020 tidak terjadi lagi kasus seperti itu," harapnya.

Mengatasi hal itu, LPA Beltim juga terus berupaya dengan memberikan sosialisasi kepada anak-anak. Untuk memberikan pemahaman tentang bagian tubuh mana saja yang tidak boleh dipegang oleh orang asing. Agar mereka terhindar dari kasus pelecehan seksual.

Pihaknya mengimbau, bagi masyarakat yang menemukan/mengetahui kasus kekerasan terhadap anak. Agar dapat melaporkannya ke RT, atau langsung ke Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa. Bidang Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA).

"LPA Beltim juga menyiapkan kontak person, untuk menerima pengaduan dari masyarakat jika menemukan kasus-kasus terhadap anak. Di nomor 085923061974 atau 08929555533," pungkasnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00