• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Sigap Polri

Launching Aplikasi POLISIKU, Polres Payakumbuh Komit Tingkatkan Pelayanan

23 January
22:27 2020
0 Votes (0)

KBRN, Payakumbuh : Untuk memaksimalkan pelayanan pada masyarakat, Polres Payakumbuh terus meningkatkan inovasi, salah satunya dengan meluncurkan aplikasi POLISIKU, yang mulai hari ini dapat dipergunakan.

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan, saat melaunching aplikasi POLISIKU, Kamis (23/1/2020), menuturkan, dengan adanya aplikasi itu diharapkan keamanan dan kenyamanan masyarakat dapat terjaga dengan baik, karena petugas dapat memantau kondisi yang terjadi di wilayah hukum Polres Payakumbuh. 

“Untuk dapat mengakses aplikasi POLISIKU yang merupakan Sistem Informasi Layanan Gangguan Kamtibmas Akurat dan Responsif tersebut, dapat menginstalnya terlebih dahulu pada smartphone android melalui playstore lalu searching ketik POLISIKU Payakumbuh dan muncul Polres Payakumbuh (Centerstage Developer, Stieven Kalengkian) silahkan tekan tombol instal,” ulasnya.

Setelah terunduh ujar Dony Setiawan, masyarakat harus login sebagai daftar akun masyarakat. Selanjutnya isi formulir dan setelah berhasil login akan tampil berbagai fitur yang dapat digunakan.

“Aplikasi POLISIKU ini terdiri dari dari fitur Public Layanan untuk masyarakat meliputi Panic Buttom yang terhubung dengan Global Positioning System (GPS), Lapor atau laporan tentang Lalulintas, Kriminal, Kemananan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), serta diantaranya Tombol Panik jika ada hal yang bersifat darurat untuk dilaporkan pengguna,” terangnya.

Berikutnya juga dilayani pendaftaran Surat Izin Mengemudi (SIM), Pendaftaran Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), pengaduan, pengawalan, Surat Pemberitahuan Dimulainya Penyidikan (SPDP) Online, pendaftaran Surat Keterangan Bebas Narkoba (SKBN) online, surat keterangan kehilangan, izin keramain, dan Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) online.

Dony Setiawan menyarankan agar masyarakat yang berada di wilayah hukum Polres Payakumbuh, untuk dapat mengunduhnya aplikasi POLISIKU itu di Playstore, karena banyak fasilitas yang bisa digunakan kapan dan dimana saja.

“Aplikasi POLISIKU juga merupakan sarana media informasi kerena dapat terhubung langsung dengan Sosial media pada akun Facebook Polres Payakumbuh, Instagram dan Youtube Channel dimana masyarakat dapat melihat langsung kegiatan-kegiatan terkini yang dilakukan oleh Polres,” ungkapnya.

Dony Setiawan menambahkan, Aplikasi ini resmi kita luncurkan pada hari ini dimana sebelumnya Polres Kota Payakumbuh terlebih dahulu sudah menyosialisasikannya, semoga Aplikasi ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat Kota Payakumbuh dan Kabuapten Limapuluh Kota.

Pada kesempatan yang sama, Kasat Lantas Polres Payakumbuh, IPTU Andika Alfatoni, menyebutkan, bagi masyarakat yang ingin membuat atau perpanjang masa berlaku Surat Izin Mengemudi (SIM), silahkan klik fitur SIM pada aplikasi POLISIKU yang telah di download lewat playstore.

“Selanjutnya isilah identitas diri anda dengan lengkap dan benar, dengan berkas yang harus disiapkan saat pengurusan SIM yaitu, KTP asli/fotocopy, Fotocopy KTP/paspor, SIM lama asli (untuk perpanjangan) dan surat kesehatan dokter serta surat keterangan psikologi,” ungkapnya.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00