• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

Bea Cukai Banda Aceh Musnahkan 11. 546 Batang Rokok Selundupan

23 January
23:48 2020
0 Votes (0)

KBRN, Banda Aceh : Akibat naiknya pajak dan cukai rokok per 1 Januari 2020, Indonesia kerap coba disusupi rokok-rokok illegal yang harganya tentu lebih murah. 

Kantor Bea dan Cukai Banda Aceh melakukan pemusnahan terhadap barang bukti hasil sitaan sepanjang 6 (enam) bulan terakhir. Barang illegal tanpa izin edar itu dimusnahkan dengan cara dibakar di dalam drum di Kantor Bea dan Cukai Banda Aceh di Banda Aceh, Kamis (23/1/2020). 

Adapun sejumlah barang bukti yang dimusnahkan yaitu 11.546 batang rokok illegal, bubuk kopi, kosmetik illegal, vape, sex toy, kondom, sirup, pakaian bekas, dan sejumlah barang bukti lainya.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai Banda Aceh, Heru Djatmika Sunindya mengatakan, dalam kurun waktu enam bulan terakhir, Bea Cukai setidaknya melakukan penindakan sebanyak 103 kali atas pelanggaran ketentuan kepabeanan dan cukai.

"Barang bukti ini hasil penindakan kita di bandara, kemudian pengiriman pos. Sementara rokok ilegal tanpa izin edar atau cukai itu merupakan hasil penindakan dalam operasi yang kita lakukan di pasar-pasar," kata Heru.

Menurut Heru, barang bukti ini harus dimusnahkan karena berbahaya dan tidak layak dikonsumsi. Sehingga barang bukti tersebut telah disita menjadi barang milik Negara untuk selanjutnya dimusnahkan.

Lebih lanjut kata Heru, barang bukti yang dimusnahkan itu senilai Rp 45 juta dengan potensi kerugian Negara mencapai Rp 15 juta. 

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00