• Pilih Jaringan RRI   

RRI News Portal

Kumham

2 Komisioner KPU Dipanggil Penyidik KPK Terkait Suap Wahyu Setiawan

24 January
10:56 2020
0 Votes (0)

KBRN, Jakarta : Dua Komisioner KPU, Hasyim Asyari dan Evi Novinda Ginting Manik hari ini memenuhi pemanggilan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi, Jumat (24/01/2020). Kedua Komisioner KPU periode 2017-2022 datang di gedung KPK, sekitar pukul 10.00 WIB.

Plt juru bicara KPK, Ali Fikri menjelaskan bahwa Hasyim dan Evi di panggil KPK, untuk kasus suap pergantian antar waktu anggota DPR RI Fraksi PDIP untuk tersangka Saeful (SAE).

Baca juga : Kasus PAW PDIP, Hasto Kristiyanto Diperiksa KPK

"Saksi Evi, Hasyim diperiksa untuk tersangka SAE (Saeful)," ungkap Plt Juru bicara KPK di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi.

Komisioner KPU Evi Novinda Ginting Manik juga menjelaskan kedatangannya untuk memenuhi panggilan penyidik KPK.

"Belum tau lah, orang belum masuk saya, jam 10 saya janji (dengan penyidik KPK)," ungkap Evi.

Sebelumnya Hasyim Asyari juga menjelaskan bahwa pemanggilan dirinya hanya sebagai saksi Mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan.

"Saya menerima Surat Panggilan KPK pada tgl 21 Jan 2020, saya dipanggil penyidik untuk memberikan keterangan sebagai Saksi dalam perkara WSE besok pada hari Jumat 24 Jan 2020 jam 10.00 WIB di Kantor KPK," tulis Komisioner KPU RI Hasyim Asy'ari dalam keterangannya kepada awak media melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (22/1/2020).

Sebelumnya, KPK telah menetapkan 4 orang tersangka dalam kasus ini, masing-masing yakni Wahyu Setiawan, Agustiani Tio Fridelina, yang diketahui sebagai mantan anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan berperan menjadi orang kepercayaan Wahyu.

Sementara itu, tersangka Saeful hanya disebut KPK sebagai pihak swasta, sedangkan tersangka  Harun Masiku diketahui merupakan sebagai calon anggota legislatif dari PDIP.

tunggu 60 detik untuk memberikan komentar lagi. komentar anda akan dimoderasi sebelum diterbitkan
Cancel Preview
Cancel Preview
00:00:00 / 00:00:00